08 September 2024
Kampus

Mahasiswa STAIN TDM Gelar FAS Tingkat Gampong

Liputangampongnews.id – Anak mahasiswa Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM), Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh (TDM), gelar Festival Anak Shaleh (FAS) tingkat Desa/ Gampong, selama empat hari di Gampong Beurengang Kecamatan Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat.

Mewakili Keucihk Gampong Beurengang, Sekretaris Desa, Bahagia, Senin (05/07/ 2021) membuka langsung Festival Anak Shaleh KPM 2021 STAIN Teungku Dirundeng. Dalam sambutannya mengatakan, kami berharap kepada anak-anak yang ikut lomba Festival Anak Sholeh harus semangat.

Bahagia berjanji, bahwa kegiatan festival ini akan dilakukan nantinya setiap tahun di Desa/ Gampong Beurengang dengan menggunakan Anggaran Dana Desa ini sehingga adek-adek bisa lebih semangat lagi,” akhirinya

Ketua panitia, Fatris Amin mengatakan, kegiatan ini digelar selama empat hari, mulai Senin (5/7) sampai Kamis (8/7). Terselenggarannya kegiatan ini atas kerjasama Mahasiswa KPM di Desa Beurengang. Dilakukan festival anak Sholeh dalam ujud memberikan semangat kepada anak anak di lokasi KPM 2021.

"Kegiatan ini dikuti Empat Dusun dalam Gampong Beurengang yang merupakan lokasi KPM, dengan tujuan untuk meningkatkan kreativitas dan mengembangkan Semangat mereka untuk belajar mengaji," kata Fatris

Kegiatan Festival anak sholeh yang dilaksanakan di Gampong Beureungang yang diikuti oleh 35 peserta, dengan 5 cabang perlombaan yaitu Lomba Azan, Lomba tilawah, Hafalan ayat-ayat pendek, Pidato dan Lomba mewarnai," rinci Fatris Amin.

Pembimbing KPM 2021, Benny Erick mengatakan bahwa kegiatan dilakukan adek-adek KPM sebagai ujud pengabdian mereka kepada masyarakat dimana nantiknya hal ini juga mereka akan kembali ke desa/gampong. Sehingga dengan adanya kpm ini mereka sudah lebih sedikit tahu tentang hal dalam masyarakat nantinya.

Tambah Ia, bahwa Kami Dari Kampus STAIN TDM setiap tahunnya selalu melakukan KPM, ini merupakan sebagai syarat sidang wisuda mereka. Namun juga bahwa harapan saya bahwa selama mereka disini mungkin dalam mereka mengabdi banyak kejagalan-kejangal mohon dimaafkan,” tutup Benny

Keuchik KPM Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Meureubo, Ahmad Hidayat menyampaikan terima kasih tak terhingga dari kami kepada Pak Keuchik Gampong Beurengang yang telah membantu kegiatan ini baik dengan memberikan fasilitas dan juga materi. Juga para donatur yang telah membantu kegiatan ini sehingga terlaksana dengan baik,” cerutunya

"Dengan adanya kegiatan Festival Anak Sholeh ini diharapkan dapat melahirkan kader-kader Quraan dan meningkatkan semangat mereka untuk belajar, dan juga agar adek-adek semakin termotivasi untuk mengaji dan berani tampil di depan orang banyak,"tutupnya (Alfian)