26 Juni 2024
Peristiwa

Krueng Leeubu Meluap, Seorang Warga Meninggal Dunia

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Akibat hujan deras yang terus mengguyur sepanjang hari mengakibatkan sungai atau Krueng Leubu Kecamatan Makmur Kabupaten Bireuen meluap dan memicu banjir. Dilaporkan satu orang meninggal dunia akibat banjir luapan tersebut, Sabtu (19/11/2022).

Debit air sungai ini meluap setelah hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Makmur dan sekitarnya mulai Jumat (18/11) hingga Sabtu (19/11) dini hari.

Informasi tersebut diperoleh dari Pengendali Posko Tagana Dinsos Kabupaten Bireuen.

Berdasarkan laporan tersebut, hujan deras dengan intensitas tinggi melanda wilayah Kabupaten Bireuen mengakibatkan meluapnya sungai/ krueng Leubu dan mengalami korban jiwa 1 orang serta korban luka nihil. Kondisi terakhir air masih menggenangi pemukiman penduduk.Dampak dari luapan Kreung Leubu tersebut puluhan rumah di beberapa desa/gampong di Kecamatan Makmur ikut terendam. Banjir luapan yang terjadi itu juga mengalir deras ke gampong lainnya.

Gampong yang terdampak banjir luapan, diantaranya Blang Dalam, Pandak, Mon Ara, Ulee gle, Blang Mane, Mereubo, Matang Kumbang, Blang Perlak ,Panton Mesjid, Sukarame, Lapehan Mesjid, Blang Kuthang, Cot Kruet, Buket Selamat, Tringgadeng, Leubu Mesjid, Kuta Barat, Leubu Cot dan Leubu Me. 

Keuchik Gampong Leubu Kuta Barat  Kecamatan Makmur, Sabri Muhammad kepada media ini mengatakan banjir terjadi baru pagi ini, ada yang  meninggal dunia yaitu warga Gampong Leubu Kuta Barat yang bernama Nazariah," sebutnya

"Kami sangat mengharapkan perhatian dari Pemkab Bireuen dan Dinas terkait atas musibah banjir yang menimpa wilayah tersebut, ya berupa bantuan tanggap darurat, "pungkasnya

Akibat banjir luapan tersebut banyak juga padi di sawah tergenang, sehingga terancam gagal panen." akhiri Sabri. (Adi Saleum)