25 April 2024
Daerah

Jadi MC ICATES 4 Teknik Pertanian USK, Sheila dan Tari Mengaku Bangga

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Menjadi kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri bagi Sheila dan Tari dapat memandu acara berskala internasional The 4th International Conference on Agricultural Technology, Engineering, and Environmental Sciences  (ICATES 4) yang berlangsung secara virtual pada Rabu, 10-08-2022.
 
Mereka terpilih melalui proses seleksi ketat yang dilakukan panitia penyelenggara. Bagi mahasiswa Teknik Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala, terpilih menjadi Master of Ceremony (MC) ICATES merupakan prestise dan prestasi tersendiri.
 
Menurut Ketua Panitia Penyelenggara (Chairman), Dr. T. Ferijal, S.TP., M.Sc yang didampingi Wakil Ketua Panitia (Co Chairman), Dr. Muhammad Yasar, S.TP., M.Sc, proses seleksi menerapkan beberapa kriteria diantaranya kemampuan berbahasa Inggris, kemampuan public speaking, dan memiliki wawasan internasional.
 
Sheila adalah mahasiswi Angkatan 2018 Prodi Teknik Pertanian. Mahasiswi berbakat ini bernama lengkap Sheila Saharani Br Padang. Mahasiswi kelahiran Medan, 29 September 2000 ini merupakan alumnus SMAN Unggul Subulussalam.
 
Sedangkan Tari merupakan mahasiswi Angkatan 2019 Prodi Teknik Pertanian memiliki nama lengkap Lestari Nurul Afifah. Mahasiswi kelahiran Banda Aceh, 10 Maret 2002 ini adalah alumnus SMAN 10 Fajar Harapan Banda Aceh.
 
Baik Sheila maupun Tari mengaku bahwa menjadi MC di seminar internasional yang telah dilaksanakan sebanyak 4 tahun secara berturut-turut ini menjadi pengalaman paling berharga selama menempuh studi di Universitas Syiah Kuala. Kedua mahasiswa yang masing-masing memiliki hobi traveling dan menyanyi ini sangat senang mendapat kepercayaan untuk memandu seminar bergengsi ini.
 
Sebanyak 135 makalah hasil penelitian bidang Keteknikan Pertanian dari 13 negara dipresentasikan dalam Seminar Internasional ICATES 4 ini. Negara-negara tersebut adalah: Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, India, Jepang, Camerun, Sri Langka, Ghana, Chezhia, Nigeria, Rusia, dan Jerman.

 
Dengan balutan busana adat Aceh yang menawan, keduanya tampil penuh pesona dan percaya diri. Dan peran keduanya menjadi bahagian terpenting dalam suksesnya penyelenggaraan ICATES 4 ini. Selain Sheila dan Tari, juga terdapat 11 orang mahasiswa lainnya yang dipercayakan untuk menjadi Co-Host untuk mengelola parallel class.
 
Mahasiswa tersebut terdiri-dari: Hafizh Zhafran Parada Rahayu, Ikhwanuddin Al Ayubi, Ade Putri Ramadhini, Muhammad Rayhansyah, Zanuri Rahma, Zulfa Fijannah, Elsya Ayu Amelda, Dian Kamisna, Muhammad Thifal, Qorfani Azzahra, dan Dwi Cahya G. Harahap.
 
Ketua Jurusan Dr. rer. hort. Indera Sakti Nasution, S.TP., M.Sc didampingi Sekretaris Jurusan Dr. Muhammad Idkham, S.TP., M.Si menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh sivitas akademika Teknik Pertanian yang terlibat dalam menyukseskan acara ICATES 4. Indera berharap tradisi akademik ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan pada tahun-tahun mendatang. (M)