30 Mei 2024
Pemilu 2024

Komisi Saksi NasDem Aceh Himbau Masyarakat Bersabar Menanti Hasil Rekapitulasi

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Komisi Saksi NasDem Wilayah Aceh diwakili oleh Fauzan Alia, Koordinator Tim Rekap Internal, mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga kesabaran dalam menantikan hasil rekapitulasi yang saat ini tengah dilaksanakan oleh institusi resmi seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU) atau KIP di Aceh.

Dalam perkembangannya, proses rekapitulasi masih berlangsung, dan data yang telah direkapitulasi baru mencapai sekitar 45%. Dengan jumlah rekapitulasi yang masih sebesar itu, masih sulit untuk membuat kesimpulan definitif terkait siapa yang telah memperoleh kursi dan siapa yang tidak.

Fauzan Alia juga menegaskan pentingnya menahan diri dari membuat pernyataan prematur terkait hasil pemilu. Pernyataan dari beberapa pengamat yang sudah mencoba menyimpulkan pemenang dan pecundang terlalu cepat, dinilai kurang mendidik masyarakat dan cenderung spekulatif.

Lebih lanjut, Fauzan menekankan bahwa pengamat yang baik harus bersikap akurat dan detail dalam analisisnya. Pernyataan yang terlalu berlebihan, seperti menyebut bahwa sejumlah ketua partai telah "berguguran", dinilai tidak bertanggung jawab dan kurang mendukung proses demokrasi yang sehat.

Dalam konteks ini, Komisi Saksi NasDem Wilayah Aceh memandang pentingnya menjaga integritas proses demokrasi dengan tidak mengambil kesimpulan terlalu dini dan menyikapi hasil rekapitulasi dengan bijaksana serta sabar, hingga seluruh proses selesai dan hasilnya diumumkan secara resmi oleh lembaga yang berwenang. (**)