17 September 2024
Pelajar

KIP Pidie Jaya Ajak Siswa SMA Sederajat Jadi Pemilih Cerdas dan Cermat

Foto : Pemilih Pemula sedang mendapat sosialisasi Pemilu dari KIP Pidie Jaya | LIPUTAN GAMPONG NEWS

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Pidie Jaya, Aceh mengajak siswa tingkat SMA/SMK/MA menjadi pemilih cerdas dan cermat pada Pemilu Serentak Tahun 2024 mendatang.

Sedikitnya 54 siswa dan siswi perwakilan dari sekolah SMA sederajat se-Kabupaten Pidie Jaya, menjadi peserta dalam kegiatan Sosialisasi pemilu kepada pemilih pemula yang dilaksanakan di aula kantor KIP Kabupaten Pidie Jaya, Kamis (12/10/2022).

Komisioner KIP Pidie Jaya, Muhammad Yusuf, S.Pd, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisip kepada awak media ini mengatakan keterlibatan pemilih pemula sangat penting dalam menyukseskan pelaksanaan pemilihan umum serentak tahun 2024.

"Kami harus merangkul semua pemilih pemula dalam kabupaten ini agar mereka berpartisipasi bukan hanya pada hari pemungutan suara tapi juga dalam memberikan sosialisasi edukasi pemilu kepada masyarakat pemilih lainnya," kata dia.

Mereka juga diharapkan bisa menjadi duta pemilu bagi lingkungannya masing-masing, baik bagi teman-teman di sekolah maupun lingkungan tempat tinggal mereka," ketus Yusuf.

Selanjutnya, KIP Pidie Jaya juga akan turun ke sekolah-sekolah termasuk SLB dan pondok pesantren/dayah untuk memberikan guna menyampaikan edukasi pemilu kepada pemilih pemula." katanya

Sementara itu, Masykur, S.Pd.I, mewakili Sekretaris KIP Pidie Jaya menyampaikan potensi pemilih pemula di Kabupaten Pidie Jaya mencapai 14.637 orang. Baik yang di sekolah, pesantren, maupun di luar sekolah.

"Sampai saat ini, esudah sebanyak 8.151 orang telah kami daftarkan dalam Daftar Pemilih melalui aplikasi Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) KIP Pidie Jaya. Sedangkan sisanya akan terus kita daftarkan secara bertahap." akuinya

Namun, bagi siswa ingin tau apakah sudah terdaftar atau belum, dapat melakukan pengecekan sendiri secara mandiri di aplikasi Lindungi Hakmu yang dapat didownload di playstore atau cek via website: lindungihakmu.kpu.go.id

Atau dapat melaporkan langsung ke KIP Pidie Jaya melalui Kepala Sekolah masing-masing. Bisa juga melalui Keuchik Gampong tempat tinggalnya" seru Masykur, yang juga menjabat Kasubbag Perencanaan Data dan Informasi.

Mari secara bersama-sama memberikan teladan, mencerdaskan pemilih pemula lainnya dan masyarakat untuk menyalurkan hak pilihnya dalam pesta demokrasi serentak nasional 2024." ajaknya. (**)