08 September 2024
Pemilu 2024

KIP Pidie Jaya Gelar Tes Tertulis CAT bagi Calon PPS Pilkada 2024

Foto : Para peserta calon PPS Pilkada di Pidie Jaya sedang mengikuti tes tertulis berbasis CAT di Laboratorium Komputer Jeumala Amal Lueng Putu. | LIPUTAN GAMPONG NEWS

Hari Pertama Tes 51 Peserta Tak Hadir

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Pidie Jaya menggelar tes tertulis berbasis Computer Assisted Test (CAT) bagi calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pilkada Tahun 2024.

Pelaksanaan tes CAT dimulai dari pagi hingga sore hari dibagi dalam beberapa sesi di tujuh lokasi terpisah. Yakni, SMAN 1 Meureudu, SMAN 2 Meureudu, SMP Negeri 2 Meureudu, SMKN 1 Bandar Baru, SMAN 1 Bandar Baru serta MAS dan MTsS Jeumala Amal Lueng Putu.

Pada hari pertama pelaksanaan tes tertulis tersebut diikuti sebanyak 1.018 peserta yang terbagi dalam 3 sesi dan saling bersaing untuk meraih kesempatan menjadi anggota PPS.

Namun, ada 51 peserta tak hadir mengikuti tes CAT yang dijadwalkan untuk 1.069 calon anggota panitia adhoc pelaksana Pilkada untuk tingkat desa/gampong.Menurut Ketua KIP Pidie Jaya, Iskandar, Jum'at (17/5) malam kepada media ini menyampaikan setiap peserta mendapatkan soal 75 nomor dengan waktu mengerjakan 1,5 jam. Nilai peserta pada pelaksanaan seleksi tertulis ini akan sangat menentukan untuk lanjut ke tahap tes wawancara.

"Hasil dari tes CAT akan di-ranking dan diambil peserta dengan nilai tertinggi untuk mengikuti seleksi wawancara. Dari peserta ini akan diambil 3 kali kebutuhan PPS untuk mengikuti tes wawancara," katanya.

Secara terpisah, Sekretaris KIP Pidie Jaya Iswandi dikonfirmasi Liputan Gampong News, mengatakan pelaksanaan tes CAT berlangsung dua hari, hari ini Jum'at (17/5) dan besok Sabtu (18/5). Dengan PC yang tersedia di tujuh lokasi tersebut sejumlah 381 unit.

"Untuk hari pertama berlangsung sebanyak 3 sesi, sementara hari kedua, Sabtu (18/5) akan dilaksanakan tes CAT di lokasi yang sama mulai dari pagi pukul 09.00 WIB hingga sore hari pukul 18.00 WIB sebanyak 4 sesi.

"Sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan, bagi peserta yang tidak datang mengikuti tes tertulis otomatis gugur," tandasnya. (*)