18 Oktober 2024
Pemilu 2024
Pilkada Pidie Jaya 2024

Hari Pertama Tes Wawancara Calon PPK Pilkada Pidie Jaya, 1 Calon Tak Hadir

Foto : Salah satu peserta calon PPK sedang mengikuti uji wawancara di Aula Kantor KIP Pidie Jaya, komplek perkantoran Cot Trieng, Pidie Jaya | LIPUTAN GAMPONG NEWS

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Pidie Jaya, Aceh mulai melaksanakan tes wawancara selama dua hari bagi calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pilkada Pidie Jaya 2024 yang dinyatakan telah lulus tes tulis CAT sebelumnya.

Dalam prosesi tes wawancara ini juga ikut dimonitoring oleh anggota Komisioner Panwaslih Aceh Pilkada 2024, Devisi SDM-OD, Tgk. Muhammad Yusuf.

Pantauan Liputan Gampong News, hari pertama pelaksanaan tes wawancara, Minggu (12/5) di Aula kantor KIP setempat dilaksanakan selama empat sesi, dengan peserta setiap kecamatan per sesi.

Seyogianya tes wawancara yang berlangsung dari pagi sampai malam hari ini, diikuti oleh 57 peserta dari empat kecamatan. Namun, satu peserta dari Kecamatan Bandar Dua tidak hadir mengikuti tes wawancara tanpa ada keterangan.

Ketua Komisioner KIP Pidie Jaya Iskandar mengatakan, kepada Liputan Gampong News disela kegiatan mengatakan seleksi calon PPK untuk Pilkada 2024 telah memasuki tahapan wawancara yang merupakan tes terakhir dalam seleksi PPK Pilkada 2024. 

Melalui tes wawancara ini, Iskandar menegaskan, KIP ingin mendalami seberapa besar kelayakan meraka yang nantinya akan menjadi penyelenggara Pilkada 2024 di tingkat kecamatan.

"Proses tes wawancara telah berlangsung seharian penuh. Para peserta diuji oleh lima orang Komisioner secara silih berganti selama 15 sampai 20 menit, dengan sejumlah pertanyaan diberikan penguji terkait kepemiluan, kemampuan komunikasi dan keperibadian, rekam jejak hingga sejumlah materi lainnya yang dianggap perlu." Tandasnya

Tes wawancara ini merupakan penentuan hasil akhir kelulusan. Setelah itu kami akan melakukan pleno untuk menetapkan 5 orang peserta untuk masing-masing kecamatan, yang nantinya akan kami lantik pada 16 Mei mendatang sebagai calon anggota PPK terpilih,” terangnya.

Pengumuman kelulusan akan diterbitkan pada tanggal 14 -15 Mei 2024, setelah kita tetapkan dan plenokan. Tahapan selanjutnya pelantikan anggota PPK. Sesuai jadwal, pelantikan anggota PPK Pilkada serentak dilaksanakan 16 Mei mendatang," timpal Abdullah, Ketua Devisi SDM KIP Pidie Jaya.

Adapun total kebutuhan PPK Pilkada serentak 2024 di Kabupaten Pidie Jaya adalah 40 orang, tersebar di delapan kecamatan.  Hari ini telah oleh 56 orang peserta terdiri  kecamatan Meureudu (12 orang), Bandar Dua (15 orang), Jangka Buya (15 orang)  dan Kecamatan Ulim (14 orang).

Sedangkan untuk hari selanjutnya, Senin (13/5) akan diikuti oleh 48 peserta yang meliputi dari empat kecamatan, yaitu Kecamatan Meurah Dua (14 orang), Bandar Baru (12 orang), Panteraja (12 orang), dan Kecamatan Tringgadeng (10 orang)," sebutkan Abdullah.

Perekrutan PPS
Sedangkan untuk badan Ad Hoc pelaksana Pemilu tingkat desa/gampong atau calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS), Sekretaris KIP Pidie Jaya, Iswandi menyampaikan, hari ini merupakan hari terakhir pengembalian berkas dan pendaftaran perpanjangan bagi calon PPS khusus untuk 4 desa/gampong di tiga kecamatan yang belum mencapai dua kali kebutuhan, yakni minimal 6 pendaftar.

Baca juga: KIP Pidie Jaya Buka Kembali Perekrutan PPS di 4 Gampong

“Akan ditunggu pengembalian berkas sampai pukul 23.59 WIB malam ini untuk PPS. Perpanjangan sudah dilakukan, tapi masih belum terpenuhi dua kali kebutuhan, kami tidak melakukan perpanjangan pendaftaran lagi. Cukup satu kali kebutuhan calon PPS yang nantinya akan kita seleksi,” pungkasnya. (*)

-->