20 September 2024
Politik

DPRK Pidie Jaya Umumkan Nama Pimpinan Definitif dan Bentuk Tiga Fraksi

Foto : Wakil ketua DPRK Pidie Jaya, Kevin Fahlevi Hasan sedang memimpin Rapat Paripurna 1 masa persidangan 1 tahun 2024. | LIPUTAN GAMPONG NEWS

LIPUTANGAMPONGNEWS.IDSetelah adanya penyerahan usulan nama dari partai politik untuk menjadi pimpinan Dewan Pimpinan Rakyat Kabupaten (DPRK) Pidie Jaya periode 2024-2028, akhirnya DPRK Pidie Jaya menggelar rapat paripurna 1 masa persidangan 1 tahun 2024, Kamis (19/9) pagi.

Rapat Paripurna tersebut berlangsung di ruang sidang gedung DPRK setempat, dalam rangka pembentukan fraksi-fraksi DPRK Pidie Jaya dan pengumuman penetapan usulan calon pimpinan definitif DPRK Pidie Jaya masa jabatan tahun 2024-2029.

Untuk usulan pimpinan DPRK defenitif yang diusul oleh partai politik (Parpol) yaitu, dari partai penguasa (Partai Aceh) masih mempercayakan ketua periode sebelumnya, yakni A Kadir Jailani.

Sedangkan Partai peraih suara terbanyak kedua PAN mempercayai jabatan Wakil Ketua 1 kepada politisi muda Kevin Fahlevy Hasan. Ianya merupakan putra sulung dari Hasan Basri, wakil ketua 1 DPRK Pidie Jaya periode sebelumnya.

Untuk pimpinan kedua dijabat oleh Rusydi dari PKB yang merupakan anggota DPRK Pidie Jaya yang baru terjun ke dunia politik pada Pemilu 2024 lalu.

Sementara itu, dari hasil paripurna melahirkan tiga Fraksi, yakni Fraksi Partai Aceh (FPA) yang diketuai M.Yusuf dari Partai Aceh menjadi Fraksi tergemuk dengan 13 kursi, terdiri PA (10 kursi), Partai Gerindra (2 kursi) dan Partai Golkar (1 kursi).

Selanjutnya Fraksi Nasional Demokrat Sejahtera (F. NARASA) mempercayai Politisi senior Partai NasDem Muslem Adam menjadi Ketua, beranggotakan 6 kursi, terdiri dari PAN (3 kursi), Partai NasDem (2 kursi) dan Partai PAS Aceh (1 kursi).

Terakhir, Fraksi Kebangkitan Pembangunan dan Demokrasi (FKPD), diketuai Teuku Guntara  dari Partai Demokrat, juga beranggota 6 kursi, yakni PKB (2 kursi), PPP (2 kursi) dan Demokrat (2 kursi).

Berikut komposisi susunan fraksi-fraksi tersebut dari berbagai sumber liputangampongnews.id sebagai berikut:

1. Fraksi Partai Aceh 

Ketua : Muhammad Yusuf (PA)

Wakil Ketua : Saifullah (PA)

Sekretaris : Fakhrurrazi (Gerindra)

Anggota:

- Juraida (PA)

- Edi Sahputra (PA)

- S. Syahrul (PA)

- Samsul Bahri (PA)

- Saiful Anwar (PA)

- Abdul Mutthaleb (PA)

- H. Nazar (PA)

- Muhammad Lutfi (Gerindra)

- H. Teuku Zikri (Golkar)

- A Kadir Jailani (PA).

2. Fraksi Amanat Demokrasi Sejahtera (F. NARASA)

Ketua : Muslim Adam (NasDem)

Wakil Ketua : Yusri Abdullah (PAN)

Sekretaris : Azrizal Syahputra (PAS Aceh)

Anggota:

- Bustami (NasDem)

- Irsalil Siddiq (PAN)

- Kevin Fahlevy Hasan (PAN)

3. Fraksi Kebangkitan Pembangunan dan Demokrasi  (FKPD)

Ketua : Teuku Guntara (Demokrat)

Wakil Ketua : Faisal (PKB)

Sekretaris : Munawar (PPP)

Anggota : 

- Ammar (PPP)

- Rusydi (PKB)

- Nazaruddin Ismail (Demokrat).

Untuk pengisian Komisi yang akan menangani bidang masing-masing dalam menjalankan tusasnya sebagai anggota DPRK Pidie Jaya belum di atur. Untuk Tatip akan diatur setelah orientasi. (*)