18 Oktober 2024
Ekonomi
Pasar Murah di Pidie Jaya

Digelar di Tiga Kecamatan, Barang Kurang Diserbu Emak-Emak

Foto : Pj Bupati Pidie Jaya, Jailani bersama TPID menyerahkan secara simbolis paket pasar murah di halaman kantor camat Bandar Dua, Jum'at (7/6). | LIPUTAN GAMPONG NEWS

Pj. Bupati Bersama TPID Pidie Jaya Tinjau Langsung

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pidie Jaya melalui Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) telah sukses melaksanakan pasar murah di tiga kecamatan, berakhir di Halaman Kantor Camat Bandar Dua, Uleegle.

Pantauan liputangampongnews.id, setiap lokasi pasar murah yang digelar 'diserbu' masyarakat, terutama oleh emak-emak yang rela antre hingga berjam-jam untuk dapat membeli kebutuhan bahan pokok yang dijual dengan harga terjangkau. Alias bisa menghemat sampai dengan Rp.80.000,. per/ paket.

Kegiatan ini disambut antusias oleh warga Pidie Jaya, dimana terlihat di setiap lokasi ratusan warga sudah memadati lokasi sejak pagi hari untuk mendapatkan kupon pembelian. Dengan sembako yang hanya tersedia 400 paket setiap lokasi, diperebutkan oleh lebih dari 600 warga yang datang.

Berlangsung sekitar dua jam, semua barang yang tersedia di pasar murah ludes dan habis terdistribusi. Sehingga banyak warga yang kecewa tidak mendapat kupon dan harus pulang dengan tangan kosong. Warga berharap akan ada lagi operasi pasar murah seperti ini dengan stok barang yang lebih banyak.

Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Perdagangan, Disperindagkop Pidie Jaya, Musbir menyampaikan, operasi pasar murah ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah dalam menstabilkan kenaikan harga (inflasi) dalam bentuk subsidi menjelang hari raya Idul Adha 1445 H

"Hari ini merupakan kegiatan pasar murah terakhir milik Pemerintah Aceh, yang dipusatkan di Halaman Kantor Camat Bandar Dua. Dan ikut ditinjau langsung oleh Pj Bupati Pidie Jaya, Ir H Jailani bersama TPID Pidie Jaya." Katanya sembari menyampaikan 

Sebelumnya pasar murah ini juga  sudah dilaksanakan di Halaman Masjid Agung Tgk Chik Pante Geulima, Meureudu  dan Halaman Kantor Camat Bandar Baru," akui Musbir.

Terkait alokasi barang yang disediakan juga sama seperti di dua kecamatan lain yang telah dilaksanakan pasar murah yaitu beras premium 4.000 kg, minyak goreng kemasan 800 liter/, gula pasir 800 kg, telur 400 papan." Rinciannya 

"Alhamdulillah seluruh komoditi ludes terjual, kurang barang lagi. Kita berharap pasar murah ini manfaatnya akan berimbas ke masyarakat yang terdampak inflasi. Kami juga minta maaf karena tidak bisa mengakomodir kebutuhan masyarakat semua,” ujar MusbirPj. Bupati Pidie Jaya, Ir H Jailani mengatakan akan mengupayakan sebisa mungkin permintaan dari warga terkait diadakannya pasar murah lagi di Pidie Jaya.

"Pemkab Pidie Jaya berencana akan menggelar operasi pasar murah lagi sebulan hari raya Idul Adha 1445 H ini.  Yang pasti kita terus berupaya untuk menekan laju inflasi, melonjaknya harga barang kebutuhan pokok hingga mencapai harga yang stabil,” kata Pj Bupati. (*)

-->