17 Mei 2024
Pelajar

Brigade PII Aceh Gelar Workshop Wawasan Kebangsaan Pelajar

Foto : Istimewa | LIPUTAN GAMPONG NEWS

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Puluhan pelajar tingkat sekolah menengah atas dan mahasiswa mengikuti seminar wawasan kebangsaan dan cinta tanah air yang diselenggarakan Koordinator Wilayah Brigade Pelajar Islam Indonesia (PII) Aceh.

Dengan mengusung tema "Mewujudkan Pelajar Penerus Perjuangan Bangsa Berwawasan Kebangsaan", kegiatan berlangsung di Aula Kesbangpol Aceh, Senin (13/3/2023).

Pemateri/Narasumber yang dihadirikan pun sangat berkompeten dibidangnya, yaitu Kolonel (Purn) Ahmad Husen memberikan materi Dasar-dasar Wawasan Kebangsaan.

Kemudian, A Hamid Zein dengan materi Wawasan Kebangsaan Sebagai Solusi Problematika Pelajar dan materi terakhir oleh Kompol Doddy Mulyanto membahas Urgensi Wawasan Kebangsaan kepada Pelajar. 

Komandan Korwil Brigade PII Aceh, Mohd Rendi Febriansyah mengatakan Workshop ini terlaksana atas dasar keresahan yang dilihat oleh Korwil Brigade PII Aceh. Dimana sangat banyak problematika pelajar di Aceh yang berhubungan dengan karakter selama ini.

"Saat ini kami menemukan sangat banyak permasalahan pelajar. Diantaranya, Narkoba, kenakalan remaja, radikalisme, bahkan intoleransi. Salah satu faktornya adalah kurangnya penyusupan wawasan kebangsaan yang mendalam dan kontinu untuk para pelajar ini." paparnya

Hal tersebut bisa dilihat pelajaran wawasan kebangsaan hanya dua jam pelajaran dalam seminggu. Jadi tidak terdoktrin di pikiran pelajat tentang wawasan tersebut. Padahal jika penanaman nilai itu dimantapkan dapat mengubah karakter pelajar. Berangkat dari situ kami mengadakan kegiatan ini." Ungkap Rendi. 

"Peserta dari kegiatan hari ini merupakan pelajar lintas sektor dari berbagai etnis, agama dan daerah asal. Jadi kita satukan persepsi dalam bingkai kebangsaan, ujar Rendi

Setelah mengikuti kegiatan ini, mereka akan dibina kembali dalam sebuah kelompok kecil. Dengan harapan mereka akan menjadi agen untuk sekolah masing-masing menyebarkan mengenai wawasan ini. Pergerakannya sporadis sehingga semua pelajar mendapatkankan penanaman nilai kebangsaan." Pungkasnya. 

"Harapannya kegiatan ini akan berkelanjutan sehingga semua segmen pelajar dapat kita sentuh dan kita susupi wawasan kebangsaan. Ini demi Indonesia kedepan dan Aceh khususnya." Tutup Rendi.

Sebanyak 68 orang peserta dari unsur mahasiswa serta pelajar perwakilan SMA/SMK/MA se Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar  menjadi peserta Workshop ini," kata Ketua Panitia, Muhammad Fazil dalam laporannya.

"Alhamdulillah kegiatan workshop ini berjalan dengan baik sesuai dengan rencana yang disiapkan." Ketus Fazil

Kegiatan diakhir dengan pembacaan deklarasi Pelajar Aceh Cinta Tanah Air. Semua peserta yang hadir mengucapkan naskah deklarasi yang telah disiapkan.

Kepanitiaan juga mengucapkan ribuan terimakasih kepada kepada Keluarga Besar PII Aceh serta para sponsor dan donatur yang telah mendukung kegiatan ini.

Selain Ketua dan Pengurus PW PII Aceh, turut hadir pada kegiatan tersebut diantaranya Munarwansyah, SE., MM (Kepala Bidang Bina Ideologi, Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa Kesbangpol Aceh), Ichwanul Fitri (Ketua keluarga Besar PII Kota Banda Aceh), A Hamid Zein.
 
Selanjutnya, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Kolonel (Purn.) Dr. Ahmad Husein Wakil,Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK), Kompil Doddy Mulyanto, Kanit 4 Subdit Sosbud Dirintelkam Polda Aceh, dan perwakilan dari Dinas Syariat Islam serta Dinas Pendidikan Aceh Besar. (*)