17 September 2024
Pelajar

Tim Tari SMPN 1 Trienggadeng Siap Wakili Aceh

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Tim Tari SMP Negeri 1 Trienggadeng berhasil menyabet juara pertama dalam lomba kreativitas tari dalam Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang SMP tingkat Kabupaten Pidie Jaya tahun 2022.

Dra. Yusniati, Waka Kesiswaan, mengakui meskipun dengan waktu yang singkat, tim dari tari SMPN 1  Trienggadeng dapat membuahkan hasil yang terbaik, dengan ini, tim tari sekolah kami akan lanjut ke tingkat provinsi untuk berlomba lagi dengan sekolah di seluruh Aceh.

"Selamat dan sukses untuk siswa yang sudah berhasil dan menunjukkan kemampuannya serta membanggakan SMP N 1 Trienggadeng. Semoga bisa lolos ke lomba tingkat nasional." ucapnya berharap.

Tim tari SMPN1 Trienggadeng yang ditampilkan oleh lima siswi dari Kelas VIII, yaitu Cut Defira Zulfa, Cut Nawalul, Lailatul Fitria, Nelva Amelia dan Cut Maula membawakan tari kreasi tradisi bertemakan "Manyum Tika" (Anyam tikar)." sebut ibu Yus.

Pelatih Tim Tari SMPN 1 Trienggadeng, Risna menjelaskan, tarian yang disuguhkan berupa kearifan lokal yang ada di Pidie Jaya, Aceh yaitu kegiatan menganyam tikar (Manyum Tika).

Di dalam tarian tersebut menceritakan proses kerajinan tangan menganyam tikar yang begitu lama dan rumit. Ini merupakan warisan budaya memberikan nilai tambah kepada Indonesia, khususnya Pidie Jaya-Aceh.

"Selain itu, anyaman tikar pandan juga produk unggulan kerajinan Pidie Jaya untuk mengingatkan kita agar melestarikannya karena memiliki nilai budaya yang tinggi" cerutu RiznaSementara, Kepala SMPN 1 Trienggadeng, Drs. Fadhlullah mengatakan, dengan kemenangan yang diraih tim tari SMPN 1 Trienggadeng di tingkat Kabupaten Pidie Jaya, maka mereka akan kembali tampil dalam kompetisi yang lebih tinggi.

“Kita akan mewakili Pidie Jaya ke tingkat Provinsi Aceh. Dan Insyaallah siap mewakili Aceh di tingkat nasional. Tentunya kita siap menyuguhkan penampilan terbaik dan mendapatkan hasil yang maksimal,” pungkasnya.

Terima kasih juga kami ucapkan kepada pendamping dan rekan-rekan guru yang sudah turut berpartisipasi baik sebelum maupun sampai pelaksanaan lomba baik O2SN maupun FLS2N,"ucap Raja Fadh, sapaan Kepala SMPN 1 Trienggadeng.

Selain itu, SMPN 1 Trienggadeng juga mendapat juara 2 cabang Pencak Silat (O2SN) serta juara 3 cabang lomba vokal solo (FLS2N) dalam ajang yang sama. (**)