08 September 2024
Daerah

BPBD Pidie Jaya Tebang Pohon Kering di Trienggadeng, Keuchik: Terimakasih Pak Pj Bupati

Foto : Tim BPBD Pidie Jaya sedang menyelesaikan penebangan pohon kering yang membahayakan meskipun dalam kondisi hujan deras dan Pihak Polantas Polres Pidie Jaya membantu mengatur arus lalulintas di lokasi. | LIPUTAN GAMPONG NEWS

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Pohon tua nan kering setinggi belasan Meter yang berada di seputaran lokasi wisata Islami "Pantai Kuthang" Trienggadeng telah ditebang habis oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pidie Jaya, Senin (20/5/2024).

Kalak BPBD Pidie Jaya Muhammad Nur, ST melalui Kabid Darlog, Sulaiman Khariadi, ST., MT, menyampaikan bahwa aksi ini dilakukan berdasarkan laporan masyarakat Pj Bupati Pidie Jaya melalui media Liputan Gampong News postingan 16 Mei 2024 lalu dan langsung meresponnya.

Baca juga: Lapor Pak Pj. Bupati... Ada Pohon Kering Ancam Keselamatan Warga di Jalan Nasional Depan Lokasi Wisata Pidie Jaya

Setelah mendapat laporan tersebut, BPBD langsung mendapatkan instruksi dari Pak Pj Bupati untuk menindaklanjuti laporan masyarakat. Tim tanggap darurat langsung tinjau lokasi Pada Senin (20/5) dan disepakati untuk dieksekusi sore harinya,” kata Kabid Darlog yang akrab disapa Sule.

"Dengan memperkerjakan Tukang Sinso (penebang kayu), mulai pukul 15.00 WIB bersama tujuh personil BPBD, dibantu oleh seorang petugas DLH serta tiga orang personil Satlantas Polres Pidie Jaya,kami telah mengeksekusi pohon tua itu hingga selesai dikerjakan sampai pukul 18.00 WIB." Sampaikan SuleMeskipun dalam derasnya hujan tidak menjadi halangan bagi tim dalam menyelesaikan tugas yang menjadi tanggung jawabnya. Dengan bantuan Satlantas Polres Pidie Jaya mengatur lalu lintas di jalan negara KM. 146, sangat membantu dalam proses eksekusi pohon kering yang bisa membahayakan tersebut.

"Saat sedang menebang pohon tersebut hujan pun turun di wilayah Gampong Sagoe dan sekitarnya, tapi tim tetap menyelesaikan penebangan pohon sampai selesai. Atas bantuan Satlantas sehingga tidak terjadinya macet di jalan lintas nasional ini." Tandas Sule

Atas Nama Masyarakat Keuchik Sagoe Sampaikan Ucapan Terimakasih

Sementara masyarakat sekitar melalui Keuchik Gampong Sagoe, Mirza Januar menyampaikan ucapan terimaksih kepada Pak Pj Bupati Pidie Jaya, Ir Jailani yang telah merespon cepat laporan dari kami. Dan juga  kepada tim tanggap darurat dari BPBD Kabupaten Pidie Jaya.

“Pohon itu kondisinya sangat membahayakan, apalagi saat sekarang wilayah Pidie Jaya sedang menghadapi cuaca ekstrim. Sekarang kami khususnya warga sekitar pohon tersebut sudah merasa nyaman dari ancaman pohon tumbang yang bisa menyebabkan musibah." Imbuhnya. (*)