17 September 2024
Daerah

BMA Salurkan Bantuan Kebakaran untuk Dayah Babul Ilmi Pidie Jaya Rp50 Juta

Foto : Anggota Badan BMA, Muhammad Ikhsan, didampingi oleh Anggota Komisi 6 DPRA Hj Nurlelawati dan Kabag Pemberdayaan Sekretariat BMA Abdussalam menyalurkan bantuan kebakaran untuk Dayah Babul Ilmi Assyafi'iyah, Gampong Kiran Dayah, Jangka Buya, Pidie Jaya, Jumat (5/8/2022) | LIPUTAN GAMPONG NEWS

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Baitul Mal Aceh (BMA) menyalurkan bantuan kebakaran untuk Dayah Babul Ilmi Assyafi'iyah, Gampong Kiran Dayah, Jangka Buya, Pidie Jaya yang beberapa waktu lalu terjadi kebakaran. Bantuan yang diserahkan berupa uang tunai sebesar Rp50 juta.

Penyerahan bantuan yang bersumber dari dana zakat tersebut diserahkan langsung Anggota Badan BMA, Muhammad Ikhsan SE M.Si di kompleks dayah setempat. Turut hadir pada penyerahan tersebut Anggota Komisi 6 DPRA Dapil II Pidie Jaya dan Pidie, Hj. Nurlelawati selaku mitra BMA, Kabag Pemberdayaan BMA, Abdussalam, beserta Ketua Badan Baitul Mal Kabupaten Pidie Jaya, Tgk Marzuki.

"Setiap tahun Baitul Mal Aceh rutin menganggarkan dana zakat untuk bencana alam dan bencana kemanusiaan lainnya. Begitu ada musibah Baitul Mal langsung bergerak cepat melalui tim BaGAH untuk memperoleh data," jelas Muhammad Ikhsan, Jumat (5/8/2022).

Ia menambahkan, Baitul Mal Aceh juga berkoordinasi dengan Baitul Mal Kabupaten/kota sebagai pendamping sekaligus perpanjangan tangan Baitul Mal Provinsi. Tim BaGAH langsung menghubungi Baitul Mal setempat untuk mengirimkan data administrasi yang diperlukan untuk keperluan pencairan dana. 

"Setelah semua proses selesai, bantuan langsung diantarkan kepada para korban," lanjut Muhammad Ikhsan.

Muhammad Ikhsan menambahkan, bantuan yang disalurkan itu sebagai bentuk kepedulian pemerintah Aceh melalui Baitul Mal Aceh kepada siapa pun yang terkena musibah, termasuk dayah sebagai tempat mendidik generasi islami.

Sementara itu, Anggota Komisi VI, Hj. Nurlelawati mengungkapkan kepedulian BMA terhadap masyarakat khususnya untuk dayah perlu terus dirawat. Ini menjadi hal positif apalagi dayah merupakan sentral ilmu agama di masing-masing daerah khususnya Pidie Jaya.

"Semoga bantuan ini bermanfaat bagi pesantren atau dayah yang terkena musibah agar proses belajar mengajar ilmu agama kembali normal," ucapnya.

Ia juga mengapresiasi kepada BMA yang selama ini kehadirannya sangat dirasakan oleh masyarakat. Harapannya, BMA semakin amanah dan profesional dalam mengelola titipan umat tersebut.

Sementara itu, Pimpinan Dayah Babul Ilmi As-Syafi'iyah, Tgk H Amiruddin atau yang dikenal dengan sebutan Waled Kiran ini mengucapkan terima kasih kepada muzaki BMA. Dengan zakat para muzaki telah meringankan beban dayah dalam melakukan proses rehabilitasi kembali ruang belajar yang terbakar.

"Kami doakan para muzaki diberkahi rezekinya dan untuk para amil agar selalu dilindungi Allah Swt. Kami mengajak kepada masyarakat agar menunaikan zakatnya melalui Baitul Mal Aceh dan kabupaten/kota selaku badan amil resmi pemerintah." Tutupnya.(**)