16 Mei 2024
Daerah

Baitul Mal Aceh Dan BMG Kayee Jatoe Gelar Khitanan Massal Di Pidie

LIPUTANGAMPONGNEWS. ID - Khitan atau sunat bukan hanya sekadar kewajiban dalam agama Islam, tetapi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan terutama pada laki-laki antara lain dapat mengurangi risiko infeksi saluran kemih, juga mengurangi risiko seorang laki-laki menderita kanker penis. 

Untuk itu Baitul Mal Gampong Kayee Jatoe (BMG-KJ) yang didukung penuh oleh Baitul Mal Aceh (BMA) menggelar acara khitanan massal gratis kepada 58 anak-anak dari keluarga kurang mampu  bertempat di Meunasah Gampong Kayee Jatoe Mukim Teupin Raya, Kecamatan Geulumpang Tiga Kab Pidie, Rabu (12/4/2023). 

Untuk menjalankan kegiatan ini BMG-KJ berkerjasama dengan Tim Medis dari RSU Tgk Chik Di Tiro Sigli yang diketuai oleh dr Marhamah Idris -Dokter teladan se-Aceh tahun 2017- yang saat ini juga sedang menjabat sebagai salah satu kepala bidang di RSU plat merah ini.

Antusiasme dari para orang tua terhadap kegiatan ini sangat besar, hal ini terlihat dari banyaknya para orang tua yang sudah menitipkan nama anaknya jauh-jauh hari kepada pengurus BMG KJ. Sehingga panitia harus membatasi jumlah penerima manfaat untuk diusulkan kepada BMA. Dalam menentukan kriteria penerima manfaat ini BMG KJ sepenuhnya mengikuti syarat dan kriteria penerima manfaat yang ada di BMA yaitu anak-anak yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Kegiatan yang berlangsung di hari ke-21 Ramadhan ini dihadiri oleh Ketua Komisi VI DPRA Tgk Anwar Husein, M.A.P. Pimpinan BMA yang diwakili oleh Khairina, S.T., perwakilan BMK Pidie, Ketua BMG KJ, Keuchik Gampong Kayee Jatoe dan para tokoh adat serta unsur pemerintahan Gampong Kayee Jatoe.

“Alhamdulillah Ramadhan tahun ini kita mengusulkan kepada BMA sebanyak 58 anak untuk dikhitan khitan gratis dan karena khitan ini tidak ditanggung oleh JKA/BPJS sehingga antusiasme masyarakat untuk mendaftarkan anaknya sangat tinggi hal ini bisa dilihat dari tersebarnya penerima manfaat dari berbagai gampong dari 5 kecamatan dalam Kab Pidie yaitu yakni Kec Glumpang Tiga, Mutiara Timur, Peukan Baro, Glumpang Baro, Grong-Grong, dan Keumala, serta Kec Bandar Baru, Kabupaten Pidie Jaya” Sebut Anwar Sadat, Ketua BMG KJ.

“Kami mewakili masyarakat mengucapkan terimakasih banyak kepada BMA sudah mau mendanai kegiatan mulia ini”. tutup Anwar Sadat.

Sementara pimpinan BMA dalam sambutannya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh BMG-KJ dalam membantu fasilitasi anak-anak dari keluarga kurang mampu untuk diberikan khitanan secara gratis.

“BMA sangat menyambut baik kegiatan-kegiatan yang manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh keluarga mustahik, apa yang dilakukan oleh BMG ini juga telah memperpanjang tangan BMA dalam menjangkau para mustahik yang berada dipelosok desa sehingga dengan kegiatan ini telah memperluas cakupan manfaat dari dana zakat yang dikelola oleh BMA.” sebut Khairina.

‘Kegiatan sosial seperti ini merupakan salah satu bentuk amal jariah terhadap siapa saja yang terlibat dalam kegiatan ini, Insya Allah para muzakki, amil BMA, panitia, tim medis akan mendapatkan pahala dari Allah SWT” ungkap Khairina.

Diakhir sambutannya Khairina - yang juga mantan praktisi lembaga keuangan syariah-  memotivasi anak-anak yang dikhitan ini, supaya rajin belajar sehingga ketika dewasa nanti akan jadi orang yang berhasil dan bisa balas budi dengan membantu mengkhitankan anak-anak lain. 

Ditemoat yang sama, Tgk Anwar Husein, M.A.P. atau yang lebih sering disapa dengan Tgk Anwar yang merupakan Ketua Komisi VI DPRA yang berasal dari Partai Aceh dari Dapil II Kab Pidie dan Pidie Jaya, dalam sambutannya sangat menyambut baik kegiatan yang dilakukan oleh BMA seraya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan baik ini.

“Sebagai Ketua Komisi VI DPRA dimana BMA berada dibawah koordinasi dan pengawasan kami, sangat mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan seperti ini dimana masyarakat kurang mampu bisa merasakan langsung manfaat dana zakat yang dikelola oleh BMA, Semoga BMA dimasa mendatang bisa melakukan kegiatan sosial seperti ini di daerah-daerah lain terutama di daerah terpencil yang masyarakatnya sulit mendapatkan akses kesehatan” kata Ketua Komisi VI yang dikenal tegas ini.

Diakhir sambutannya Tgk. Anwar meminta kepada para masyarakat yang sudah diberi kelebihan harta yang sudah sampai nisab dan haul untuk segera berzakat ke Baitul Mal Aceh.

“Kalau ada zakat dan infaq bisa diserahkan ke Baitul Mal Aceh, karena Baitul Mal Aceh sudah terbukti amanah dalam menyalurkan zakat dan infaq, dan kegiatan ini adalah salah satu bukti penting keberadaan BMA dengan program sosial dan kesehatan yang manfaatnya langsung bisa dirasakan langsung oleh masyarakat kurang mampu” tutup Tgk Anwar.

Sementara itu itempat yang sama, orang tua dari anak penerima manfaat ini, Maryana, 40 dari Gampong Baroh Cot Langgien Kec Bandar Baru Kab Pidie Jaya dan Rahmaniah, 51 yang berstatus janda dari Gampong Simpang Aron, Kec Glp Tiga, Pidie sangat berterimakasih kepada BMA dan BMG-KJ yang sudah menyelenggarakan kegiatan ini.

“Alhamdulilah dan terimakasih kepada Baitul Mal yang telah membantu meringankan beban hidup, dengan status sebagai orang tua tunggal dan penghasilan sehari-hari hanya dari bertani dan menggarap sawah yang hanya cukup untuk makan keluarga, kegiatan ini sangat membantu kami” ujar Ibu Rahmaniah.

“ _Terimakasih beurayeuk that keu Baitul Mal, semoga Allah SWT akan geubalah dengan geubri pahala kepada mandum pihak yang kalheuh geubantu kamoe_ (kami sangat berterimakasih kepada Baitul Mal hanya bisa berdoa semoga Allah memberikan pahala yang berlipat kepada semua pihak yang telah membantu kami)” tambah Ibu Maryana

Dari hasil pantauan terlihat antuasiasme anak-anak dan para orang tua yang telah hadir sejak pukul 07.00 pagi. 

Selain melakukan khitanan, panitia juga memberikan obat, memberikan edukasi terkait perawatan pasca khitan dan memberikan paket santunan berupa kain sarung dan paket sembako untuk keluarga penerima manfaat khitan ini.

Untuk perawatan pasca sirkumsisi, anak-anak ini akan ditangani sampai sembuh total di klinik praktek dr.Marhamah Idris yang berlokasi keude Teupin Raya. (**)