20 September 2024
Pemilu 2024

Anggota Bawaslu RI Tinjau Langsung Pelaksanaan PSU di Pidie Jaya

Foto : Anggota Bawaslu RI, Lolly Suhenty didampingi sejumlah Stakeholder Kabupaten Pidie Jaya dalam sesi Wawancara Media saat meninjau langsung lokasi PSU di TPS 02 Desa Mesjid Kec. Bandar Baru, Pidie Jaya. Kamis (22/2/2024). | LIPUTAN GAMPONG NEWS

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Anggota Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu RI), Lolly Suhenty meninjau langsung lokasi pemungutan suara ulang (PSU) di Pidie Jaya, Aceh. Kamis (22/2/2024) sekitar pukul 09.35 WIB.

Peninjauan tersebut guna memastikan (PSU) di tempat pemungutan suara (TPS) 002 Gampong mesjid Kecamatan Bandar Baru Kabupaten Pidie Jaya berlangsung dengan baik tanpa ada kesalahan yang berulang. Lantaran kesempatan melakukan PSU hanya ada satu kali.

Kedatangan anggota Bawaslu RI yang akrab disapa Teteh Lolly juga ikut diiringi Pj. Bupati Pidie Jaya, Panwaslih Aceh, Panwaslih Kabupaten Pidie Jaya, Kepala Kejari, Kapolres, KIP dan jajaran stakeholder lainnya di Pidie Jaya.

"Sehingga dalam kontek ini menjadi tanggung jawab semua pihak termasuk aparat hukum dan pelaksana untuk memastikan tidak ada gangguan, karena sekali lagi PSU itu hanya kesempatannya satu kali tidak yang kedua," kata Teh Lolly.

Lanjutnya, setelah melihat kondisi di Aceh memang ada beberapa yang masih menjadi catatan kami, misalnya dari 35 yang direkomendasikan oleh Panwaslih untuk dilakukan PSU saat ini penjadwalan baru ada di 18 titik.

Di samping itu Bawaslu juga ikut mengerahkan tim Pengawas Pemilu baik di desa (gampong), tingkat kecamatan kabupaten dan juga provinsi untuk melakukan pengawasan ketat di sejumlah lokasi PSU di Aceh." Akui anggota Bawaslu RI ini.

Menurut Teh Lolly hal tersebut penting dilakukan demi mewujudkan Pemilu yang berintegritas. Dan saat ini ada tiga lokasi tempat pemungutan suara yang sudah melakukan pemungutan suara ular yakni di Kabupaten Bener Meriah, Nagan Raya dan Kota Lhokseumawe.

Dari tiga lokasi tersebut, Bawaslu memastikan proses PSU berjalan dengan kondusif. Lolly Suhenty juga mengajak masyarakat di lokasi PSU untuk sama-sama ikut mengawasi sehingga tidak ada hak pilih masyarakat yang hilang.

Pantauan Liputan Gampong News di TPS 02 Gampong Meskid, peroses PSU berjalan aman dan kondusif, warga masih tampak antusias memberikan hak suaranya. Hingga sekitar pukul 11.15 WIB, warga masih silih berganti datang ke TPS untuk mencoblos.

Hingga ditutupnya proses pemungutan suara dari 253 jumlah daftar pemilih tetap (DPT) yang sudah hadir memberikan hal suaranya sebanyak 192 pemilih, berarti persentase partisipasi pad PSU tersebut mencapaib76 persen.

Pelaksanaan PSU dilakukan untuk surat suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (PPWP) dan DPD Prov. Aceh, DPR RI dapil 1 Aceh, DPRA dapil Aceh 2 dan DPRK Dapil Pidie Jaya 3. (*)