18 Oktober 2024
Daerah

72 Kader Posyandu, KPM Mesjid Raya Dilatih Perangi Stunting

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Sebanyak 72 kader posyandu yang ada di 12 gampong kecamatan Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar mengikuti pelatihan untuk peningkatan kapasitas di Aula Poltekpel Malahayati Aceh gampong Durung.  Yang dilaksanakan oleh forum keuchik Kecamatan Mesjid Raya selama dua hari dari tanggal 22 – 23 Mei 2023. 

Ketua panitia pelatihan, Keuchik Mukhtar dalam laporan menjelaskan bahwa kegiatan Pelatihan di ikuti oleh 72 orang peserta yang berasal dari 12 gampong dari total 13 gampong di Kecamatan Mesjid Raya minus satu gampong Neuhun yang tidak bisa mengikuti pelatihan.

Masing gampong mengirim utusan sebanyak 6 orang peserta terdiri dari kader posyandu, posbindu, dan KPM selama dua hari, adapun sumber dana kegiatan pelatihan bersumber dari dana desa yang sudah dianggarkan didalam APBG tahun anggaran 2023 pada masing gampong. 

Pelatihan dilakukan secara bersama karena jauh lebih murah dan efesien, masing gampong berkontribusi dana untuk kebutuhan pelatihan. 

Keuntungan lain apabila pelatihan dilakukan secara bersama adalah proses penyampaian materi lebih efektif karena peserta terdiri dari banyak gampong, saat pelatihan juga bisa saling berbagi informasi, pengalaman. Sehingga pembelajaran positif bisa diadopsi oleh gampong lain sehingga posyandu lebih menyenangkan.

Camat Mesjid Raya, Munazar, SE dalam sambutannya menekankan pentingnya peran kader dalam rangka memaksimalkan kegiatan posyandu dimasing - masing gampong dalam upaya pencegahan stunting di kecamatan Mesjid Raya.

Mesjid Raya salah satu kecamatan yang jumlah anak mengalami stunting paling banyak dan menjadi pilot project penurunan stunting di Aceh Besar, kader menjadi salah satu ujung tombak dalam upaya pengurangan stunting. 

Targetnya kecamatan Mesjid Raya bisa mengurangi stunting di angka dibawah 20 %. Pemerintah kecamatan Mesjid Raya sangat mengapresiasi Kegiatan pelatihan yang sudah dianggarakan oleh masing gampong merupakan wujud kepedulian dan ikhtiar untuk mengurangi jumlah anak yang mengalami stunting di kecamatan Mesjid Raya secara sistematis.

Pelatihan ini adalah refres dan upgrade pengetahuan bagi kader yang sudah lama menjadi kader sedangkan bagi kader yang baru menjadi tambahan pengetahuan yang nantinya semua kader akan implementasikan disaat pelaksanaan posyandu. 

Pelatihan ini merupakan program lanjutan dari rangkaian kegiatan yang sudah disusun oleh pemerintah kecamatan Mesjid Raya bekerjasama dengan pemerintah gampong untuk peningkatan kapasitas Kader posyandu juga harus lebih inovatif dalam mengelola posyandu, menghadirkan suasana posyandu lebih menyenangkan sehingga balita yang hadir posyandu nyaman dan ramah balita dengan terus melakukan kaloborasi dengan puskesmas dan pemerintah gampong sebagai penopang terlaksana kegiatan posyandu.  

Adapun pemateri pelatihan berasal dari tenaga kesehatan Puskesmas Mesjid Raya yang fokus memperdalam materi tentang posyandu, posbindu sedangkan Tenaga Ahli Program P3MD Kemendesa lebih fokus materi kepada KPM tentang dana desa dan stuting serta penyusunan laporan konvergensi stunting sebagai salah satu syarat gampong saat pengajuan dana desa tahap ketiga serta salah satu indek desa membangun yang setiap tahun dilakukan survey oleh menentukan status desa sesuai indikator yang sudah disusun. (Muna) 

-->