17 September 2024
Pendidikan

645 Guru Se Pidie Jaya Ikut Semarakan HGN Ke 78 Tingkat Kabupaten Pidie Jaya

Foto : Stand Pameran pembelajaran Inovasi sekolah penggerak milik SDN 1 Trienggadeng dipadati pengunjung. | LIPUTAN GAMPONG NEWS

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Halaman komplek kantor bupati lama yang  lokasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pidie Jaya, di Kota Meureudu berubah menjadi lautan manusia. Selasa (12/12/2023) pagi.

Ratusan lebih Insan cendikia tumpah ruah memadati lokasi dalam rangka menyemarakan peringatan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2023.

Diawali dengan pelaksanaan Upacara Hari Guru Nasional (HGN) ke-78 yang berlangsung khidmat. Adapun Plt. Bupati Pidie Jaya, Dr H Said Mulyadi SE MM bertindak sebagai Inspektur Upacara dan komandan upacara Muzakir, S.Pd.

Upacara juga diikuti oleh Forkompinda, Kepala Disdikbud, Hauren Ayny, S.Pd MM, para Kapala SKPK, dan para guru di bawah jajaran Disdikbud.

Beriringan dengan itu, Bidang GTK Disdikbud Kabupaten Pidie Jaya juga memberikan penghargaan (plakat dan sertifikat) kepada GTK berprestasi, yaitu kepala sekolah serta guru penggerak.

Dalam memeriahkan puncak peringatan HGN ke-78 di Pidie Jaya, terdapat 15 stand Pameran pembelajaran Inovasi sekolah penggerak dan guru penggerak di lokasi kegiatan. Terdiri dari 11 stand SD penggerak (13 unit SD), 2 stand SMP dan 2 stan guru penggerak (angkatan 5 dan 8).

Sekda Pidie Jaya, Ir H Jailani melakukan pemotongan pita sebagai tanda dimulainya aktivitas pameran pembelajaran Inovasi sekolah dan guru penggerak.

Selain itu, dihari yang sama juga digelar acara hiburan untuk para guru laki-laki di lapangan Kota Meuruedu. Adalah tarik tambang gabungan unit sekolah tingkat SD dan SMP, dengan dibagi dalam tiga wilayah, yakni Wilayah Barat (Kecamatan Bandar Baru dan Panteraja), Tengah (Trienggandeng, Meuruedu dan Merah Dua) serta Wilayah Timur (Ulim, Jangka Buya dan Bandar Dua).Drs Yusra Raden, Ketua MKKS SMP Pidie Jaya juga selaku panitia mengatakan, kegiatan ini merupakan inisiatif dari para guru yang dikelola oleh Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) SD bersama Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kabupaten Pidie Jaya di bawah koordinasi dengan Disdikbud.

"Alhamdulillah kegiatan dalam rangka semarak HGN Ke-78 tingkat Kabupaten Pidie Jaya telah terlaksana meriah sampai saat ini. Semua ini hasil kesepakatan para Kepala Sekolah mulai dari TK, SD dan SMP," sampaikannya

Adapun sumber dana merupakan sumbangan dari sejumlah 645 guru baik yang setifikasi maupun non sertifikasi. Dengan jumlah sumbangan Rp.50 ribu (guru sertifikasi) dan Rp 30 (non sertifikasi).

Selain itu, kegiatan puncaknya pada hari Minggu (17/12/2023) nanti, ada jalan santai untuk umum dan InsyaAllah pak Bupati yang kami sapa Waled akan melepasnya”, Demikian dikatakan Ketua MKKS SMP saat di wawancarai awak media, Selasa (12/12/2023).

Adapun Jumlah Stand:

PSP Angkatan 2

1. SD Negeri 7 Trienggadeng (1 Stand)

2. SD Negeri 1 Trienggadeng (1 Stand)

3. SD Negeri 2 Meureudu (1 Stand)

4. SD Negeri 11 Bandar Baru/SD Negeri 4 Trienggadeng (1 Stand)

5. SMP Negeri 1 Meureudu (1 Stand)

6. SMP Ulumul Quran (1 Stand)

PSP Angkatan 3

7. SD Negeri 3 Bandar Baru

8. SD Negeri 13 Bandar Baru/SD Negeri 22 Bandar Baru

9. SD Negeri 15 Bandar Baru

10. SD Negeri 16 Bandar Baru

11. SD Negeri 6 Meureudu

12. SD Negeri 2 Trienggadeng

13. SMP Negeri 2 Meurah Dua

14. Guru Penggerak Angkatan 5

15. Guru Penggerak Angkatan 8 (*)