29 Maret 2024
Pendidikan

Disdik Pijay Bayar Jasa Guru PBI

Foto : Salah satu guru PBI menerima uang jasa dari juru bayar | LIPUTAN GAMPONG NEWS

Liputangampongnews.id - Pembayaran jasa guru pendidikan berkarakter islami (PBI) untuk jenjang Sekolah Dasar (SD), kegiatan pengembangan kurikulum dan pembinaan kesiswaan SD/MI (pendidikan Diniyah), dalam program wajib belajar sembilan tahun Dinas Pendidikan Kabupaten Pidie Jaya untuk bulan Januari sampai dengan April 2021, selesai disalurkan.

Kepala Dinas Pendidikan Pidie Jaya, M Nasir melalui Kabid Dikdas, Makmurrizal, M.Pd mengatakan, sebanyak 281 guru guru PBI di 91 Sekolah Dasar (SD) dari 93 SD yang tersebar di 8 kecamatan se-Pidie Jaya sudah menerima jasanya.

“Dua sekolah yang tidak ada guru PBI yaitu, SDIT An-Nur dan SDIT Ceudah Rabbani. Sekolah tersebut tidak masuk dalam kegiatan pengembangan kurikulum, dimana kurikulum yang digunakan di sekolah tersebut sudah lengkap dan terpadu,” ujar Makmur

Dana jasa guru PBI ini telah disalurkan oleh Dinas Pendidikan Pidie Jaya, untuk periode bulan Januari sampai April 2021 dengan total jumlah Rp320.530.000,- Jumlah anggaran yang disalurkan Rp304.503.500, setelah dipotong 5 persen untuk PPh21,” rinci Makmur yang juga sebagai PPTK.

Jumlah honor yang dibayar yaitu, Rp95.000 per satu kali pertemuan (dua jam pelajaran). Kemudian dikalikan jumlah kelas yang diajar masing-masing guru PBI bersangkutan. Dan juga dipotong PPh21 sebesar 5 persen,” rincinya seraya mengatakan setelah ini, juga akan dilanjutkan pembayaran kepada guru PBI jenjang SMP.

Adapun jumlah guru PBI yang tersebar di 25 SMP se Pidie Jaya adalah 93 orang. Perlu diketahui ada 7 lagi sekolah jenjang SMP di Pidie Jaya, namun semua sekolah itu berstatus swasta dan berada di komplek Dayah. Jadi tidak mungkin ada guru PBI atau masuk dalam kegiatan pengembangan kurikulum.

Ketujuh sekolah itu adalah, SMP Ummul Aiman II, SMP Darussaadah Putri, SMP Raudhatul Ulum, SMP Budi Bandar Dua, SMP Darussaadah Langgien, SMP Misbahul Dhulam dan SMP IT Daarul Muttaqim Trienggadeng. (***)