17 Mei 2024
Daerah

Yara Mediasi Kisruh Warga Dengan P2G Gampong Meuye VII

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Perwakilan Aceh Utara menerima pengaduan masyarakat Dusun Buket Cubrek Gampong Meuye VII, Kecamatan Pirak timu kabupaten Aceh utara.

 YARA menerima laporan warga tentang Kisruh Warga Dusun Buket Ceubrek yang mengaku telah mendapat perlakukan Diskriminasi oleh Panitia Pemilihan Geuchik (P2G) Dan Ketua Tuha Peut Gampong Setempat dalam Hal Pencalonan Geuchik Gampong.

Ketua YARA Aceh Utara, Iskandar kepada media ini mengatakan pihaknya menerima aduan masyarakat Dusun Buket Cubrek. tentang pencegalan bakal calon Geuchik Gampong yang tidak adanya dilakukan Sosialisasi kepada masyarakat secara umum oleh P2G" kata Iskandar.

Menurut Iskandar, pihaknya telah mendengar Aduan dari sebelah pihak warga dusun buket cubrek yang merasa didiskriminasi Oleh Ketua P2G dan Ketua tuha peut Gampong Setempat dan telah melakukan mediasi di Ruang camat kecamatan pirak timu.

Tetapi belum ada titik temu berhubung pihak tergugat tidak semuanya hadir saat itu, hanya saja ketua tuha peut Gampong Buket cubrek yang hadir, sedangkan Ketua P2G sendiri tidak hadir saat itu. 

Iskandar menambahkan setelah mendengar penjelasan penjelasan dari Warga.Ketua tuha Peut dan Camat, pihaknya akan menelaah kembali persoalan tersebut dan persoalan ini kita upayakan penyelesaian secara mediasi di tingkat Gampong, terlebih dahulu, Apabila tidak ada titik temu dan apa bila faktanya seperti yang dilaporkan, YARA, akan menindaklanjuti dengan melanjutkan ke proses hukum," tutup Iskandar. (Fadly P.B)