19 April 2024
Daerah

Warga Keurisi Meunasah Lueng Buka Puasa Bersama

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID -   Dalam rangka menyambut malam Nuzul Qur’an. Warga Gampong Keurisi Meunasah Lueng, Kecamatan Jangka Buya Kabupaten Pidie Jaya menggelar khanduri buka puasa bersama (Bukber) di Meunasah Senin (18/4/2022).

Dimana Nuzul Qur’an ini, merupakan suatu momen yang sangat penting bagi kita umat Islam, dimana malam Nuzul Qur’an yang jatuh pada malam 17 Ramadhan, merupakan turunnya Al’quran dari langit ke langit Dunia.

Pantauan media di lokasi, persiapan buka puasa ini telah dilakukan sejak pagi untuk mempersiapkan bahan bubur kacang hijau. Dan tampak Warga saling bahu membahu dalam menyukseskan kegiatan yang rutinitas tahunan yang dilakukan Warga ini setiap tahunnya di bulan Ramadhan.

Tepat pada pukul 18.00 WIB, puluhan masyarakat terlihat mulai memadati halaman komplek Meunasah untuk melakukan buka puasa bersama.

“Buka puasa bersama ini kita lakukan dalam rangka menyambut Nuzulul Qur’an, sekaligus meningkatkan silaturrahmi antar masyarakat Gampong Keurisi Meunasah Lueng bersama Guru Dayah” kata Tgk Bilal Meunasah Mawardi saat menjelang buka puasa.

Ia menyampaikan, selain menyediakan menu bubur kacang hijau di Meunasah . Masyarakat juga turut berbagi dengan membawa menu makanannya kue dan nasi masing-masing untuk disantap bersama-sama saat tiba waktunya berbuka puasa.

Bukan hanya itu, dalam acara buka puasa bersama ini,  juga turut mengundang beberapa guru pengajian di Dayah Darul Munawwarah Gampong Keurisi Meunasah Raya sekaligus  menjadi imam shalat Maghrib dan shalat insya beserta sehat tarawih bersama warganya.

“Kita harap dengan adanya buka puasa bersama ini dapat meningkatkan ukhuwah islamiah bagi masyarakat, sekaligus meningkatkan kepedulian kita terhadap sesama,” pungkas Bilal. (**)