25 April 2024
Daerah

Wabup Buka Acara Pemilihan Ketua MMP, Geusyik Idrus Terpilih Sebagai Ketua

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Wakil Bupati Pidie, Fadhlullah TM Daud, ST membuka acara Pemilihan Pengurus Majlis Mukim Pidie (MMP) periode 2022-2027 di Oproom Setdakab Pidie, Senin, (21/02/2022).

Wabup dalam sambutannya mengatakan, kedudukan mukim dalam struktur pemerintahan sangatlah penting dalam hal kepemimpinan adat, agama serta lingkungan hidup dalam masyarakat.

"Mukim merupakan pemimpin masyarakat yang unik yang hanya ada di Aceh, seorang mukim bertugas menjaga adat istiadat dalam masyarakat," ucapnya.

Dikatakan juga, mukim harus dekat dengan ulama-ulama di masyarakat dalam menjaga adat istiadat, karena adat bersumber dari agama.Hilang adat sama dengan hilangnya syariat atau agama, sambung Wakil Bupati.

Ia juga menyampaikan, selain bertugas menjaga adat istiadat, mukim juga harus mampu menghadapi perkembangan zaman, terutama dalam hal perubahan iklim, revolusi industri hingga permasalahan pandemi Covid -19.

"Berbagai perubahan-perubahan yang terjadi di dunia semua akan berimbas ke masyarakat kita, mulai dari masalah ekonomi sampai gaya hidup. Oleh  karenanya, butuh peran mukim dalam menjaga adat dan nilai-nilai dalam masyarakat di tengah perubahan-perubahan yang terjadi di berbagai belahan dunia," ungkap Wabup.

Lebih lanjut, Wakil Bupati Pidie menyampaikan, tugas mukim tidak hanya semata -mata sebagai lembaga adat yang berfungsi sebagai penengah masalah-masalah adat, namun juga memiliki peran penting sebagai sebuah lembaga adat yang mengontrol semua aspek pengelolaan sumber daya alam di masyarakat.

Wakil Bupati Pidie juga berharap kepada pengurus Majlis Mukim Pidie yang terpilih, agar amanah dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai Ketua Mukim Kabupaten Pidie, serta mampu memberikan manfaat kepada seluruh mukim, masyarakat, agama serta Pemerintah Daerah.

Usai pembukaan, acara dilanjutkan dengan pemilihan pengurus majlis mukim Kabupaten Pidie yang diikuti oleh 97 orang mukim yang berasal dari 23 kecamatan dalam Kabupaten Pidie.

Hasil dari pemilihan yang telah dilaksanakan ditetapkan ketua mukim terpilih yaitu Tgk. Idrus, S.Ag (Geushik Idrus) dari Mukim Gampong Baro Kecamatan Pidie yang bersaing dengan dua kandidat lainnya, yaitu Burhan yang merupakan mukim Adan, Mutiara Timur dan Marzuki Mukim Layan, Tangse.(As)