14 Mei 2024
Daerah

Usai Upacara HUT Ke - 25 Kabupaten Aceh Singkil, Pj Gubernur Aceh Ziarah Ke Makam Syekh Ali Al-Fansuri

Foto : Photo Gubernur Aceh Ziarah ke makam Syekh Ali Fansuri Ayah Anda Syekh Abdurrauf Assingkily | LIPUTAN GAMPONG NEWS

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Penjabat (Pj) Gubernur Aceh Bustami Hamzah berkunjung ke Aceh Singkil pada peringatan HUT Ke -  25 Kabupaten Aceh Singkil. Setelah upacara peringatan HUT ke - 25, rombongan langsung Ziarah ke makam ayahanda syekh Ali Al- Fansuri di Dusun Uruk  Datar Desa Tanjung Mas, Kecamatan Simpang Kanan, Aceh Singkil. Sabtu, (27/4/2024), dini hari.

Sekitar lebih kurang pukul 11.45 Wib rombongan Pj Gubernur Aceh bersama Pj Bupati Aceh Singkil  yang telah di tunggu oleh masyarakat setempat dan di sambut dengan tarian dampeng adat Aceh Singkil.

Rombongan Pj Gubernur Aceh yang ziarah sudah di nantikan perahu gunung - gunungan, serta perahu karet sat Pol Air dan 1 unit resque boat BPBD dengan kendaraan air tersebut membawa iringan menuju makam yang terletak di seberang sebelah utara Desa Tanjung Mas.

 Terlihat ratusan rombongan PJ Gubernur Aceh dan PJ Bupati Aceh Singkil di tambah masyarakat setempat, bertolak ke seberang lokasi yang di ziarahi lebih kurang jarak ke lokasi makam sekitar 250 meter dari tambatan parahu menuju seberang, perjalanan ke makam aulia  berjalan lancar.

Setiba di lokasi ziarah, Ali Sadikin tokoh masyarakat Aceh Singkil, di hadapan Pj Gubernur mengatakan," kami meminta agar akses jalan ke Tanjung Mas agar di perhatikan oleh Pemerintah hendaknya di perbaiki , katanya.

Di tanggapi Pj Bupati mengatakan," atas usulan masyarakat kami sudah membentuk tim untuk  tindak lanjut upaya perbaikan jalan penghubung antar desa Tanjung Mas ", jawab Pj Bupati Aceh Singkil.

Perlu diketahui lanjut Pj Bupati, 
saat ini kita juga telah mengajukan pendirian Sekolah Tinggi Negeri terhadap Sekolah Tinggi Agama Islam Syekh Abdurrauf (STAISAR) di Kecamatan Simpang Kanan. Kita sudah ajukan ke Pemerintah Provinsi, dan telah memberitahukan  menyurati beberapa negara Asia tenggara, Timur Tengah hingga Afrika agar dapat bekerja sama, terang Pj Bupati.

Pj Gubernur di dampingi Ketua DPRA Aceh Zulfadli Amd beserta rombongan peziarah menanggapi usulan tersebut , kalau ada niat dan komitmen kita yakin bisa realisasikan, ujarnya.

Usai sesi berdialog ringan di makam ayahanda syehk Abdurrauf assingkily di tutup dengan pembacaan doa dan shalawat di iringi zikir yang di bacakan oleh ustadz Azwar. (Khairi)