18 April 2024
Gampong

Unik !!! Berbagi Kanji Gratis Usai Shalat Jum'at

Foto : Jamaah Shalat Jum'at Masjid Baitussattar Sedang Menikmati Bubur Kanji Rumbi di Masjid setempat | LIPUTAN GAMPONG NEWS

Liputangampongnews.id - Suasana berbeda jika melaksanakan ibadah shalat Jum'at di Masjid Baitussattar Gampong/Desa Mesjid Tuha Jalan Tgk. Chik Di Pantegeulima, Meureudu , Pidie Jaya. Ada kanji rumbi tersedia gratis untuk jama'ah.

Hal "unik"  terjadi setiap hari Jum'at usai melaksanakan ibadah shalat, bubur kanji rumbi gratis untuk jama'ah”. Tidak tanggung-tanggung, bubur ayam gratis ini bisa dimakan di tempat dan dibawa pulang ke rumah.

Sedikitnya sekitar 270 porsi lebih bubur kanji rumbi hangat tersaji setiap hari Jum'at. Tersedianya bubur kanji yang lezat ini, hasil olahan Koki handal Mukhlis, warga setempat.

Ridwan Pakeh, inisiator program ini, kepada Liputangampongnews.id mengatakan Program sedekah Jum'at ini memang belum lama, baru sekitar tiga bulan berjalan. Dan Syukur Alhamdulilah berkah. 

"Khusus bulan suci Ramadhan lalu, bubur kanji tersedia setiap sore dibagikan habis shalat ashar. Ini sudah menjadi tradisi tahunan setiap Ramadhan," akuinya

"Sedekah bubur kanji usai sholat Jum'at ini, ternyata menambah semangat baru bagi warga. Bagaimana tidak, usai shalat sebelum pulang jamaah bisa bersilahturahmi dan mempererat ukhuwah Islamiyah.

"Warga bisa saling lebih akrab sambil beristirahat dan bercerita ria menikmati bubur kanji,"  tutur Ridwan juga Ketua Pemuda Gampong setempat.

Ridwan mengakui bahwa selama ini, dana sedekah bubur kanji rumbi usai shalat jumat, sementara masih bersumber dari donatur tunggal, hamba Allah (yang tidak mau disebutkan namanya)dan sesekali ada dari donatur lain.

Namun tidak menutup kemungkinan, juga bisa menerima dari donatur lain. Untuk sekali penyajian kanji rumbi membutuhkan dana sebesar Rp400 ribu.

Agussalim, M.Pd, Kepala Dinas Pendidikan Dayah Pidie Jaya yang ikut berjamaah di masjid tersebut ikut dimintai keterangan mengatakan program seperti ini sangat brilian dan memberikan apresiasi sangat tinggi.

"Semoga ada masjid-masjid lain di Pidie Jaya mencontoh apa yang dilakukan masjid Baitussattar ini. Tauladani perbuatan mulia seperti ini," harap Pak Agus, juga tokoh masyarakat setempat ikut diamini Tgk.Anwar selaku Imam dan Ust. Amir Hasan Khatib masjid Baitussattar ini. (Irfan)