18 April 2024
Lingkungan

Tumpukan Sampah Penuhi Badan Jalan di Depan TPS, Aroma Busuk Terhendus

Foto : Kondisi sampah berserakan di jalan depan TPA Langgien | LIPUTAN GAMPONG NEWS

Liputangampongnews.id - Sampah rumah tangga menumpuk di badan jalan di depan tempat pengolahan sampah (TPS) di Gampong Dayah Langgien Kecamatan Bandar Baru Kabupaten Pidie Jaya, Aceh hingga sulit dilalui kendaraan yang melintas di jalur tersebut.

Selain menumpuk di badan jalan, sampah ini juga mengeluarkan aroma tak sedap saat warga yang melintasi di jalan yang merupakan jalur utama Gampong Blang Krueng dan Dayah Langgien. Kondisi ini sudah terjadi semenjak ada nya pembangunan pagar TPS tersebut.

Sampah-sampah ini diduga di buang oleh masyarakat sekitar sehingga membuat aroma tak sedap bagi warga yang melintas di jalan tersebut. Bahkan tumpukan sampah ini hampir menutupi badan jalan dengan kondisi jalan dengan genangan air bau busuk.

Kejadian sampah ini menumpuk di badan jalan terjadi semenjak ada pembangunan pagar tempat pengolahan sampah dengan mengunakan anggaran doka tahun 2021 ini dengan total anggaran sekitar 500 juta lebih dan dengan kondisi pagar masuk TPS ditutupi pintu bergembok.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pidie Jaya, Rusli secara terpisah kepada awak media mengakui dan membenarkan hal tersebut dengan kondisi sampah yang berserakkan di atas badan jalan lintas warga. Namun pihaknya berencana segera menurunkan alat berat untuk melakukan pembersihan itu." sampaikannya

"Saat ini hampir tiap hari turun huja, kita tunggu cuaca agak cerah nanti langsung diturunkan alat berat membersikan sampah yang berserakan di jalan. Dan di dalam perkarangan yang sudah dipagar pun nanti kita buat jalan agar masyarakat mudah melewatinya untuk membuang sampah," terang Rusli

Menurut Dia, Kabupaten Pidie Jaya setiap harinya bisa menghasilkan sekitar delapan puluh ton sampah. Namun sampah di TPS itu merupakan sampah yang dibuang oleh masyarakat, maka dari itu pihaknya kedepan akan merenovasi lokasi TPS tersebut agar bisa dikelola normal sebagai tempat pengolahan sampah," kata Rusli mengakhiri. (FAN)

Banyak berita menarik dan actual lainnya, download aplikasi androidnya liputangampongnews.id disini ????
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.chims_app