29 Maret 2024
Nasional

TNI Selesaikan Konflik di Papua dengan Cara Damai

Liputangampongnew.id - Pangkogabwilhan III Letjen TNI Agus Rohman, S.I.P., M.I.P., memberikan pembekalan kepada Prajurit Yonif Mekanis Raider 412/BES/6/2 Kostrad yang tergabung dalam Satgas Pinang Sirih, bertempat di Yonif  Raider 754/ENK  Kuala Kencana Mimika. Rabu (23/6/2021). 

Pangkogabwilhan III tiba di Yonif  Raider 754/ENK  disambut oleh Dansatgas Pinang Sirih Brigjen TNI Susilo beserta Staf, selanjutnya istirahat sejenak kemudian Pangkogabwilhan lll  memberikan pembekalan kepada Prajurit Yonif Mekanis Raider 412/BES/6/2 Kostrad Satgas Pinang Sirih di Aula Parkiran Yonif Raider 754/ENK.    

Di awal pembekalannya, Pangkogabwilhan lll mengajak seluruh prajurit untuk selalu meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan Kepada Tuhan YME, karena Yonif Mekanis Raider 412/BES/6/2 Kostrad  bertugas untuk memulihkan keamanan dan ketertiban di Papua dari gangguan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). 

Pangkogabwilhan III juga memberikan arahan bahwa konflik Papua  harus diselesaikan dengan cara Damai, dapat mengembangkan Fungsi Pembinaan Teritorial dengan  tetap memperhatikan Kewaspadaan.

“Saya minta penyelesaian konflik di Papua dilakukaan dengan damai, keberadaan kalian harus dapat merebut hari dan pikiran rakyat Papua, sehingga mereka mendukung kita dalam bingkai NKRI, namun kewaspadaaan harus tetap dijaga karena masih adanya Kelompok Teroris Bersenjata yang dapat mengancam keselamatanmu,” kata Letjen Agus Rohman.
“TNI di Papua harus  selalu membantu Masyarakat untuk meningkatkan SDM masyarakat Papua, itu sebagai bukti bahwa TNI hadir bersama Masyarakat Papua dan melaksanakan Pembangunan di Papua,” tambahnya.

Sebelum acara berakhir Pangkogabwilhan III mengajak kepada para peserta yang hadir khususnya unsur pimpinan agar selalu semangat dan tetap melaksanakan pengawasan selama pelaksanaan tugas operasi.

“Marilah kita satukan kekuatan, Bersatu untuk Sejahtera, Bersatu untuk Damai dengan tetap Pegang Kode Etik TNI. Para Unsur Komandan Satuan agar meningkatkan Pengawasan dan Pengendalian kepada Seluruh Prajurit yang bertugas, Tugas Itu Adalah Kehormatan," pungkasnya

Hadir dalam kegiatan pembekalan tersebut, Brigjen TNI Susilo (Dansatgas Pinang Sirih) beserta Staf, Brigjend TNI Dadang Rukhiana (Aspotwil Kaskogabwilhan III), Kolonel Laut (P) Aries Cahyono (Waasops Kaskogabwilhan lll), Kolonel Sus Tri Priyo W. (Paban ll/Pam Sintel Kogabwilhan III), Kolonel Cpl Andi Barata. (Paban I/Renslog Kogabwilhan lll), Kolonel Lek Aang Sukmana (Paban Skomlek Kogabwilhan lll), Mayor Inf Yanuar Setyaga (Pabandya Sintel Kogabwilhan lll ). (***)