16 Mei 2024
Daerah

Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Puskesmas Kota Baharu Gelar Lokmin

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Lintas Sektor (Lokmin) Puskesmas Kota Baharu, Aceh Singkil, kembali digelar sebagai kegiatan rutin tahunan untuk mempresentasikan capaian Puskesmas dalam meningkatkan pelayanan kesehatan di wilayah Kecamatan Kota Baharu. Acara tersebut berlangsung pada Senin, (29/4/2024) di Aula Puskesmas  setempat.

Kegiatan Lokmin dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Sekretaris Dinas Kesehatan Aceh Singkil, Camat Kota Baharu, Kapolsek Kota Baharu, Danramil Singkohor/Kota Baharu, Kepala Kantor Urusan Keagamaan (KUA), Imam Mukim Kota Baharu, Kepala Desa se-Kecamatan Kota Baharu, para guru wilayah Kecamatan Kota Baharu, bidan desa, dan staf Puskesmas.

Camat Kota Baharu, Sumadi, S.IP., M.Si., sebelum membuka acara Lokmin, menyampaikan bahwa kegiatan Lokmin merupakan agenda rutin setiap tahun yang dilaksanakan oleh Puskesmas. Tujuannya adalah untuk memaparkan capaian kesehatan dan mendapatkan dukungan untuk meningkatkan pelayanan di Puskesmas.

"Nantinya, mereka akan memaparkan pencapaian kesehatan, dan mungkin ada kebutuhan dukungan untuk pelayanan di Puskesmas. Mari kita dengarkan bersama, karena Lokmin ini juga bagian dari silaturahmi," ujar Sumadi.

Selanjutnya, arahan dari Dinas Kesehatan Aceh Singkil yang diwakili oleh Sekretaris Kesehatan, Haryono, SKM, menjelaskan bahwa stanting (status gizi) di Kota Baharu telah menurun, namun berkat kerjasama dengan Muspika Kecamatan, berbagai program kesehatan seperti imunisasi dan sanitasi tetap berjalan.

"Tentu, mutu pelayanan kesehatan Puskesmas Kota Baharu sangat diharapkan. Dengan adanya gedung baru, kami berharap dapat meningkatkan layanan kesehatan, sehingga status pelayanan juga dapat ditingkatkan," ungkap Haryono.

Haryono juga menambahkan bahwa Puskesmas ini akan dinilai untuk akreditasi, sehingga persiapan untuk peningkatan mutu pelayanan harus dilakukan sejak dini. Ada pula wawancara dengan lintas sektor dalam pelayanan kesehatan.

Setelah arahan dari Sekretaris Dinas Kesehatan, dilanjutkan dengan presentasi capaian kerja Puskesmas Kota Baharu tahun 2023 oleh Tata Usaha (TU) Irda Maya, SKM. (Khairi)