28 Maret 2024
Daerah

Sudah Dua Pekan Pasar Hewan Bireuen Tutup Total Pedagang Lembu Mengeluh

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID  Penyakit mulut dan kuku (PMK) saat ini tengah mewabah di Indonesia. Penyakit ini banyak menyerang hewan ternak dari mulai sapi, kerbau hingga domba atau kambing dan tergolong penyakit akut yang penyebarannya melalui infeksi virus dan mudah menular. Di kabupaten bireueun sudah dua pekan pasar  di kecamatan. Gandapura tutup total ,pedagang sapi mau pun kambing dan domba mengeluh. Selasa 24/05/2022

Muzir salah seorang pedagang lembu di Gandapura, setiap ada nya hari pekan  kabupaten bireuen maupun di luar kabupaten bireuen.dengan adanya  himbauan dan penutupan pasar hewan di setiap pasar. Hewan yang ada di wilayah kabupaten bireuen.kata muzir kepada media ini  kami pedagang lembu sangat merugi ,kami mengharap kebijaksanaan dari pemerintah agar pasar hewan  segera di buka, .tanpa  di buka  pasar hewan kemana  kami mencari rezeki , apa lagi sebagian dari kami ada mengambil dana dari bank bagaimana kami melunasinya.

Kata abu rih  kalau penyakit seperti ini  bukan pertamakali, yang penting dinas kesehatan hewan harus rutin turun kelapangan tutur  abu rih.

Abdul Muslem SP, petugas dari Dinas Peternakan dan Kesehatan hewan kepada media ini mengatakan untuk saat ini kami selaku petugas di lapangan hanya menjalankan surat tugas dari Bupati Bireuen  , agar 
Tidak membeli atau menjual ternak serta tidak menampung ternak lainnya.

Abdul muslem dalam beberapa hari   petugas kesehatan hewan sudah turun ke lapangan meninjau langsung ke desa desa  yang ada di wilayah kecamatan Gandapura. Yang terkena Virus  Penyakit mulut dan kuku (PMK.seperti di  yang di alami salah seorang pertenak di Gampong Blang Rheue kecamatan gandapura lembu tersebut sudah membaik.pungkas muslem. 

Pewarta: Adi Saleum