19 September 2024
Daerah

Harga Ikan di Pidie Melonjak Tinggi

Liputangampongnews.id - Akibat Cuaca buruk yang melanda, seluruh Nelayan ikan di Kecamatan Muara Tiga tidak belayar hingga harga ikan melambung tinggi, jika dalam beberapa hari kedepan cuaca tak kunjung membaik maka harga ikan akan semakin meninggi.

Kondisi cuaca dalam satu pekan terakhir, menyebabkan harga jual ikan segar di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Ujong Pie, Naiknya harga jual juga menyebabkan daya beli melemah dan pendapatan nelayan dan pedagang ikan berkurang, Selasa. 21/12/21.

Salah satu pedagang ikan di TPI Ujong Pie mengatakan, kurangnya pasokan ikan di TPI dari Nelayan Ujong Pie, juga banyak nelayan tidak belayar karena cuaca memburuk, hingga para nelayan harus berhenti belayar, sebagian nelayan yang berlayar dikarnakan mereka nekat belayar walaupun cuaca buruk. Katanya Suadi waraga Ujong pie kepada liputangampongnews.id.

“Memang stok ikan kurang saat ini, makanya harga naik, tangkapan nelayan kita berkurang, kalau ikan kiriman dari luar memang tidak masuk ke Pajak kita, lebih kurang sudah dua minggu lah harga ikan sudah naiknya pelan pelan,” ungkapnya abu laut lagi.

Menurut keterangan dari Abu laut Ujong Pie Agustian mengakatakan, semua jenis ikan yang cukup mahal saat ikan, menyetuh harga Rp 110 ribu dari harga sebelumnya yang hanya Rp 80 ribu saja.

Sedangkan ikan tongkol sedang harga 80 ribu dari sebelumnya 50 ribu.Ikan itu jarang didapati karena tangkapan nelayan yang melaut sekitar 10 sampai 30 Mil dari daratan tidak mendapati lagi ikan itu, katanya Agus.

“Pembeli menurun, karena harga naik. Kita merugi, pendapatan mengurang, paling kita bisa dapat Rp 80 ribu saja per hari, sangat kuranglah kalau masa-masa ikan mahal kaya gini, kata Syarwan didamping penjual ikan lain. (Harmadi)