29 Maret 2024
Militer

Sidang Pantukhir Calon Bintara Prajurit Karier TNI AD Tahun 2021 di Mako Rindam I/BB

Liputangampongnews.id - Panglima Komando Daerah Militer I Bukit Barisan  Mayjen TNI Hassanudin SIP, MM, memimpin sidang Pantukhir Calon Bintara Prajurit Karier (PK) TNI AD Tahun Anggaran 2021 Subpanpus Kodam I/BB di Mako Rindam I/BB Jl. Arga Sari, Pematangsiantar, Sumatera Utara, Selasa (21/9/9/2021).

Pada kesempatan tersebut, Pangdam I/BB membacakan sambutan Asisten Personel Kasad, Mayor Jenderal TNI Wawan Ruswandi, S.I.P., M.Si. yang mengatakan, penyediaan prajurit TNI AD pada hakekatnya merupakan upaya meregenerasi melalui kegiatan seleksi untuk mendapatkan prajurit TNI AD sesuai dengan kualitas dan kuantitas yang dibutuhkan.

Salah satu kebijakan pimpinan Angkatan Darat dalam perekrutan yaitu keterwakilan suku dari tiap-tiap daerah mulai dari suku paling barat di Aceh sampai dengan suku paling timur di Papua.

“Sehingga untuk mendukung hal tersebut selain memilih calon prajurit yang memenuhi syarat dengan kualitas SDM yang unggul juga harus mempertimbangkan aspek keterwakilan suku yang sudah ditentukan sesuai pembagian alokasi zonasi perwilayah,” ujarnya.

Pangdam juga menjelaskan bahwa Prajurit Bintara selain sebagai unsur pelaksana juga sebagai pemimpin dalam hubungan regu. “Dalam sejarahnya Bintara dibentuk sebagai tulang punggung satuan dan sebagai penghubung antara Perwira dengan Tamtama," tambahnya.

Pangdam I/BB berharap kegiatan ini betul-betul dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk memilih calon yang berkualitas. “Saya berharap peserta sidang memperhatikan setiap calon secara seksama dari tinjauan berbagai aspek yang obyektif dan meninggalkan berbagai kepentingan pribadi,” pungkasnya.

Kegiatan dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Turut hadir pada acara tersebut, Danrindam I/BB, Aspers Kasdam I/BB, Kaajendam I/BB, Kakesdam I/BB, Kajasdam I/BB dan Karumkit Tk II Putri Hijau Medan serta Panitia Subpanpus (JH)