15 Juni 2024
Gampong
FORUM KEUCHIK

Sekretaris dan Operator Gampong se Kecamatan Masjid Raya Ikuti Pelatihan Siskeudes Versi 2.0.6

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Memasuki tahun anggaran 2024, Forum Keuchik Kecamatan Masjid Raya melakukan pelatihan aplikasi Siskeudes versi 2.0.6 bagi sekretaris desa dan operator gampong bagi seluruh gampong yang ada dikecamatan Masjid Raya.

Kegiatan pelatihan ini digelar selama 2 hari mulai dari tanggal 23 – 24 Januari 2024 yang dilaksanakan di Kampus Poltekpel Malahayati Aceh Gampong Durung, Kecamatan Masjid Raya Aceh Besar.

Pelatihan peningkatan kapasitas aplikasi siskeudes bagi pemerintah gampong dilakukan sebagai upaya dari forum keuchik untuk memastikan semua gampong yang ada di Kecamatan Masjid Raya memiliki kemampuan untuk mengoperasionalkan aplikasi siskuedes secara mandiri oleh pemerintah gampong.

 Kegiatan pelatihan ini merupakan hasil evaluasi pelaksanaan dana desa tahun 2023 kecamatan Masjid Raya bahwa salah satu kendala dalam implementasi dana desa adalah sumber daya manusia yang belum mumpuni untuk mengaplikasi aplikasi siskeudes di gampong masih sangat terbatas jumlah orangnya sehingga perlu upaya pengkaderan secara berkelanjutan.

Ketua Panitia pelatihan Mukhtar yang juga Keuchik gampong Paya Kameng dalam sambutannya mengatakan bahwa peserta pelatihan adalah seluruh gampong yang ada di kecamatan masjid raya sebanyak 13 gampong, masing - masing gampong mengutus peserta sebanyak 2 orang yaitu sekdes dan operator gampong, total peserta 26 peserta. Adapun sumber dana pelatihan diambil dari kegiatan pelatihan yang dianggarkan dalam APBG tahun anggaran 2024 masing gampong. 

Adapun pemateri pelatihan dari Inspektorat kabupaten Aceh Besar dan dari DPMG Aceh Besar. Diharapkan kepada peserta yang mengikuti pelatihan serius mengikuti pelatihan dan mampu pengaplikasikan semua pengetahuan yang diperoleh selama pelatihan untuk mengembangkan gampong menuju gampong mandiri dengan sumber daya  yang ada di gampong. 

Camat Masjid Raya, Munazar, SE dalam sambutan pelatihan mengharapakan dengan adanya pelatihan siskuedes versi 2.0.6 maka banyak sumber daya mumpuni di gampong untuk mengoperasionalkan siskuedes sehingga tidak bergantung pada satu orang ataupun pihak lain maka perlu tarsus dilakukan kaderisasi digampong sehingga makin banyak perangkat gampong yang mampu menggunakan aplikasi siskeudes. 

Siskuedes adalah jantungnya pemerintah gampong, dengan adanya maka dari perencanaan, pelaporan, dan penatausahaan mampu dilakukan gampong secara mandiri tepat waktu. Dengan penggunaan aplikasi maka potensi terjadinya human error semakin kecil mempermudah proses pengawasan dan menghadirkan tata Kelola keungan gampong yang transparan dan akuntable. 

Munazar mengharapakan setelah selesai pelatihan maka seluruh gampong yang ada dikecamatan Masjid Raya selesai Menyusun APBG diakhir bulan Januari sehingga diawal bulan Februari semua gampong sudah melaksanakan kegiatan Pembangunan sesuai dengan APBG yang sudah ditetapkan. Selanjutnya diminta gampong taat prosedur dan menghindari penyalahgunaan dana desa dan gampong - gampong yang ada di kecamatan Masjid Raya lebih banyak yang mendapatakan tambahan dana kinerja sebagai Bentuk apresiasi pemerintah bagi gampong yang berhasil mengelola dana desa secara baik sesuai aturan yang berlaku.  

Hari pertama pelatihan materi di isi oleh Inspektorat Aceh Besar dengan materi Pembinaan dan pengawasan pengelolaan keuangan gampong dan BUMG yang di isi materi oleh Irban wilayah I, Mirzan S.Pi, MPd dan Irban Khusus Zulwani Usman, ST, M.Si menjelaskan tentang tupoksi Inspektorat dalam implementasi dana desa dari semua tahapan pengelolaan dana desa dari perencanaan sampai penatausahaan dan pertanggung jawaban. Pemateri dari Inspektorat Aceh Besar juga menjelaskan hasil beberapa temuan dan sumber masalah yang sering dijumpai saat proses pembinaan pengelolaan keuangan gampong. 

Disesi akhir materi dari inspektorat melakukan sesi tanya jawab dan sharing pengalama dengan peserta untuk memininalisir potensi terjadi mal administrasi ataupun fraud.
Setelah selesai sesi dari Inspektorat selanjutnya sesi pelatihan di isi oleh Mustika Arianto, ST selaku Kabid PPMG DPMG Aceh besar menjelaskan secara teoritasi tentang aplikasi siskeudes 2.0.6 cara operasional serta beberapa hal yang mengalami perubahan dan penyempurnaan dari versi sebelumnnya. 

Setelah selesai penjelasan umum selanjutnya peserta langsung melakukan praktek pengisian kegiatan yang sudah disepakati dalam musrembang gampong untuk di isi dalam aplikasi siskuedes masing gampong. (Munawar