08 September 2024
Daerah

Sekdis DPMG Pidie Jaya Raih Gelar Doktor

LIPUTANGAMPONGNEWS.IDKesibukan dalam menjalani tugas sebagai pejabat di Kabupaten Pidie Jaya, Dr Said Fachrul Razi SKM SSos MSi, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Kabupaten Pidie Jaya, sukses raih gelar doktor di Universitas Merdeka atau Unmer Malang, Jawa Timur, Senin (22/7/2024). 

Di tengah kesibukannya sebagai pejabat di Pidie Jaya, Said Fachrul Razi, berhasil menyelesaikan program pendidikan S3 di Unmer, Malang, Jawa Timur, dalam waktu 34 bulan atau dua tahun sepuluh bulan.

"Terhitung sejak September 2021 hingga 22 Juli 2024," kata Dr Said Fachrul Razi kepada liputangampongnews.id, Kamis (25/7/2024). 

Akhir dari pendidikan akademik S3 itu, kata Said Fachrul Razi, setelah ia berhasil mempertahankan disertasi dalam sidang promosi doktor di kampus setempat, Senin, 22 Juli 2024 dengan nilai predikat sangat memuaskan.

Disertasinya itu berjudul "Tata Kelola Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Ie Jeulanga, Gampong Jeulanga Mata Ie, Kecamatan Bandar Dua, Pidie Jaya"

"Surat keterangan lulus No: Ket-261/PPs/UM/VII/2024 ditandantangani Direktur Program Pascasarjana Unmer Malang, Prof Dr Grahita Chandrarin MSi Ak CA serta disaksikan langsung Rektor Unmer Malang Prof Dr Anwar Sanusi SE MSi," ujarnya.

Said Fahrul Razi mengatakan penelitiannya tentang usaha air kemasan gelas dan botol ini yang kini telah dipasarkan itu ia lakukan karena usaha milik gampong ini menjadi menjadi bagian dari implementasi Peraturan Bupati (Perbub) Pidie Jaya Nomor 30 Tahun 2020  Tentang Pendirian, Pengurusan dan Pengelolaan Badan Usaha Milik Gampong.

Seperti diketahui Said Fachrul Razi ini adalah sosok yang tak asing lagi bagi sebagian masyarakat Pidie Jaya. Ayah empat anak ini memulai karirnya di bidang pemberdayaan masyarakat pada tahun 2016. 

Singkatnya, sejak tujuh tahun terakhir, alumnus S2 Fakultas Ilmu Sosial dan Politik atau Fisipol Universitas Iskandar Muda atau Unida, Banda Aceh ini sudah menjabat beberapa jabatan di DPMG Pidie Jaya. Dari mulai kepala seksi hingga kini Sekretaris DPMG Pidie Jaya.

Ketua Forum Keuchik Pidie Jaya, T Iskandar, melalui media ini, Kamis (25/7/2024), mengucapkan selamat atas capaian prestasi pendidikan Said Fachrul Razi. 

Ianya menilai Said Fachrul Razi selama ini di tengah kesibukannya sebagai Sekretaris DPMG dan menempuh pendidikan S3, namun tetap menyempatkan waktu membimbing dengan baik 222 keuchik dalam 8 kecamatan di daerah berjuluk "Negeri Japakeh" ini. (*)