30 April 2024
Gampong

Rangkaian HUT Ke-76 Bhayangkara, Polres Pidie Gelar Lomba Menembak

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Dalam rangkaian HUT Ke-76 Bhayangkara, Polres Pidie selenggarakan lomba menembak eksibisi dengan senjata api laras panjang, diikuti oleh 43 peserta dari unsur Forkopimda, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Wartawan, Sabtu (11/06/2022) di lapangan tembak Polres Pidie, Gampong Karieng, Kecamatan Grong -grong.

Pada lomba menembak ini, peserta menembak dengan sasaran sejauh 50 meter menggunakan peluru tajam, masing-masing peserta diberikan 13 butir peluru. Sedangkan jenis senjata laras panjang berupa SS1 dan AK47.

Keluar sebagai pemenang dalam lomba ini berdasarkan nilai tertinggi adalah, juara I Tgk Muhammad Isa (tokoh agama) juara II Rudi Hermawan (unsur wartawan) dan juara III H. Jamaluddin Abadi (tokoh masyarakat).

Kapolres Pidie, AKBP Padli, S.H., S.I.K., M.H., mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian HUT ke-76 Bhayangkara, sesuai pedoman dari Mabes Polri, serentak seluruh Indonesia, masing -masing kewilayahan melaksanakan lomba menembak yang mengikut sertakan seluruh elemen masyarakat. 

Untuk di Pidie, lomba menembak dengan senjata karas panjang ini mengikut sertakan unsur Forkopimda, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Wartawan.

"Tujuan perlombaan ini, secara internal untuk meningkatkan kompetensi anggota dalam hal menembak, kemudian yang sifatnya eksibisi tujuannya untuk meningkatkan sinergitas antara Polri dengan seluruh elemen masyarakat. Kegiatan ini mempedomani petunjuk Mabes Polri", sebut Kapolres yang didampingi Waka Polres, Kompol Musniar, S.Sos.

Sementara, Sekda Pidie, H. Idhami, S.Sos., M.Si., yang juga peserta menembak pada kegiatan tersebut mengatakan, harapannya lomba menembak ini menjadi agenda rutin tahunan, sehingga nantinya di tempat ini bisa melahirkan para atlit cabang menembak dari Pidie yang andal", ungkap Sekda Pidie.

Kapolres, pada kesempatan tersebut menyampaikan terimakasihnya kepada Pemkab Pidie, yang telah menghibahkan tanah lapangan tembak.

"Terimakasih kepada Pemkab Pidie yang telah menghibahkan tanah untuk lapangan tembak ini kepada Polres Pidie. Namun begitu, lapangan ini bisa digunakan untuk umum ataupun yang ingin ikut latihan menembak", ucapnya.

Sebelumnya, oleh panitia lomba, para peserta diperkenalkan jenis senjata, cara memasang magazen dan peluru, serta mengokang dan mengunci senjata.

Juga pengarahan tatacara memegang, membidik dan mengambil posisi bagi peserta.

Hadir juga pada kegiatan tersebut selain Sekda sebagai peserta, Kajari Pidie, Gembong Priyanto, S.H., M.Hum., dan Kalapas Kota Bakti, Tribowo, AmdlP., S.sos., M.Si.

Peserta dari tokoh  masyarakat dan agama, H. Jamaluddin Abadi, Tgk Muhammad Isa, Tgk Hanifuddin, S.Sos., Heri Denim, dan Ghulam Mirza. Kemudian Peserta dari kalangan wartawan, Asnawi Ali, Muhammad Riza, T. Satria Mahmud, Rudi Hermawan, Firman, dan Mira Ulfa.

Tampak juga mendampingi Kapolres Pidie, seluruh PJU dan Kapolsek Jajaran, termasuk Kasi Humas Polres Polres Pidie, AKP Anwar, S.Ag. (**)