15 Juni 2024
Daerah

Prestasi Gemilang dalam Pengelolaan Keuangan Daerah, Pidie Jaya Kembali Raih WTP

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Kabupaten Pidie Jaya di Provinsi Aceh kembali menorehkan prestasi gemilang dengan memperoleh predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2023. 

Penghargaan ini merupakan yang kesepuluh kalinya secara berturut-turut sejak tahun 2014, menegaskan konsistensi dan komitmen Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya dalam menjaga transparansi dan akuntabilitas keuangan daerah.

Penyerahan predikat Opini WTP dilakukan secara langsung oleh Kepala Perwakilan BPK RI Aceh, Triana S.Sos, SST, S.Sos, M.I.L., ERMAP kepada Penjabat (Pj) Bupati Ir Jailani. Dalam acara penyerahan, Triana menyampaikan bahwa pemeriksaan dilakukan dengan mengacu pada standar akuntansi pemerintahan, efektivitas sistem pengendalian intern, dan kepatuhan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan.

Pj Bupati Pidie Jaya, Ir Jailani, menjelaskan bahwa Opini WTP yang diperoleh merupakan bukti nyata pertanggungjawaban atas pengelolaan keuangan negara. Ia juga mengapresiasi kerja keras seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atas capaian ini. Prestasi ini berhasil dipertahankan sejak masa kepemimpinan Bupati Aiyub Bin Abbas dan Wakil Bupati Dr Said Mulyadi SE. M.Si dari tahun 2014 hingga 2024.

Ir Jailani juga menekankan tekad Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya untuk selalu mengikuti aturan dan pedoman dalam pelaksanaan kegiatan pemerintah. Dia menegaskan bahwa ini menjadi acuan bagi mereka untuk menyusun LKPD yang lebih baik, akuntabel, terukur, dan terarah di masa yang akan datang. Dengan demikian, diharapkan program dan kegiatan pemerintah, pembangunan, serta kemasyarakatan dapat berjalan lebih efisien dan efektif.

Harapan Pj Bupati adalah agar prestasi Opini WTP ini menjadi penyemangat bagi seluruh jajaran pemerintahan untuk terus berupaya meningkatkan kinerja di masa depan. Dia berharap agar dengan prestasi ini, Pemerintah Daerah Pidie Jaya dapat melakukan perbaikan dan pembenahan yang lebih baik lagi, sehingga kesejahteraan masyarakat pun semakin meningkat. 

Acara penyerahan penghargaan ini juga dihadiri oleh berbagai pejabat terkait, termasuk Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Pidie Jaya serta perwakilan dari berbagai unit kerja di lingkungan Pemerintah Daerah Pidie Jaya. (**)