19 April 2024
Olahraga

POPDA XVI Aceh 2022 - Misi Balas Dendam Usai dan Menang Dramatis, Tim Bola Voli Putra Pidie Jaya Ke Final

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Tim voli putra Kabupaten Pidie Jaya, memastikan melangkah ke babak final Popda XVI Aceh 2022, setelah pada pertandingan Semifinal membuat anak Aceh Tengah menangis sekaligus balas dendam. Skuad nanggroe japakeh menang dramatis dengan skor 3-2 (23-25, 22-25, 25-19, 25-21, 15-12).

Pada pertandingan yang digelar di  lapangan voli Dinas Pendidikan Aceh Barat, Meulaboh, Jum'at (24/06/22), kedua tim berusaha menampilkan permainan terbaiknya untuk mengamankan kemenangan demi asa melaju ke babak final, sehingga game berjalan menegangkan.

Pidie Jaya pada pertandingan tersebut tertinggal di set pertama dan kedua. Beberapa kesalahan kecil yang dilakukan Afzal dan kawan-kawan menguntungkan Aceh Tengah.

Setelah pertandingan yang sengit tersaji di set pertama. Aceh Tengah berhasil merebut kemenangan di set pertama dengan skor 25-23 dan set kedua 22-25.

Mengemban misi balas dendam atas Aceh Tengah pada final Popda XV lalu, Pidie Jaya bangkit di set ketiga. Dengan perubahan strategi yang dilakukan Coach Murdani dan Murtala, tim Pidie Jaya berhasil dan bermain apik. 

Poin demi poin pun terus direbut anak-anak Pidie Jaya, hingga di technical time out pertama memimpin poin. Skuad Tanoh Gayo cukup kewalahan mengejar poin dan terus menempel dekat. Hingga akhirnya Pidie Jaya berhasil mengunci kemenangan di set ketiga dengan skor 25-19. Skor jadi 1-2.

Berbekal kemenangan di set ketiga yang nyaris kembali sirnanya harapan, Murdani terus menggenjot semangat anak asuhnya pada set keempat. Tim harus waspada tapi tetap percaya diri demi bisa membalas kekalahan. Akhirnya set ini kembali dimenangkan Pidie Jaya 25-2. Kedudukan set menjadi 2-2.

Set penentuan pun wajib dilakoni untuk mendapatkan pemenang dan melaju ke babak final. Kedua tim sama-sama berambisi besar.  Pada set kelima, pertandingan berjalan dengan sengit dengan saling membalas spike keras untuk perolehan poin.

Meski sempat menang di dua set awal, tetapi Aceh Tengah gagal mempertahankan penampilan mereka di tiga set selanjutnya. Hasilnya, Pidie Jaya berhasil mengakhiri set kemenangan ini 15-12.

"Alhamdulillah kita masuk final, kekalahan di Popda XV Aceh Tengah di partai final sudah terbalaskan. Semoga di Popda 2022 ini, cabor bola voli Pidie Jaya bisa kembali meraih medali emas seperti Popda di Aceh Tamiang tahun 2010 lalu.

Pada partai puncak Pidie Jaya akan berhadapan dengan Aceh Utara, Sabtu (25/06) di lapangan yang sama. Murdani meminta anak asuhnya bisa bermain enjoy pada partai puncak demi bisa mengerahkan seluruh kemampuan yang dimiliki para pemain. Kuncinya kami bermain nyaman dan lepas. Itu bisa meminimalisir kesalahan-kesalahan juga," katanya. (**)