21 Juli 2024
Daerah

Polsek, Damkar, dan Warga Padamkan Kebakaran Rumah di Meurah Dua

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID – Kebakaran hebat melanda satu unit rumah setengah permanen milik Muhammad Jamin (54) di Gampong Blang Cut, Kecamatan Meurah Dua, Kabupaten Pidie Jaya, pada Jumat, 14 Juni 2024, sekitar pukul 01.30 WIB.

Menurut keterangan korban, api pertama kali terlihat dari loteng garasi. Dalam waktu singkat, api yang diduga berasal dari korsleting listrik menyebar cepat setelah kabel listrik dari tiang putus dan jatuh ke mobil yang terparkir di bawahnya. Situasi semakin memburuk ketika api menyebar ke seluruh rumah, menghalangi korban dan keluarganya untuk menyelamatkan barang-barang mereka.

Korban segera meminta bantuan kepada masyarakat sekitar. Tanggap dan sigap, warga setempat langsung berupaya memadamkan api. Sekitar pukul 01.40 WIB, dua unit mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi dan bersama masyarakat, berhasil mengendalikan api. Api berhasil dipadamkan sepenuhnya sekitar pukul 02.30 WIB.

Meskipun tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, kerugian material sangat besar. Rumah Muhammad Jamin terbakar habis, beserta satu unit mobil Avanza dan empat unit sepeda motor, dengan total kerugian diperkirakan mencapai Rp 900 juta.

Pada saat kebakaran terjadi, penghuni rumah berada di dalam, namun berhasil menyelamatkan diri sebelum api melahap seluruh bangunan.

Kapolres Pidie Jaya AKBP Dodon Priyambodo, melalui Kapolsek Meurah Dua Ipda Jailani, mengungkapkan bahwa begitu menerima laporan kebakaran, pihaknya langsung bergerak cepat ke lokasi kejadian. Mereka segera menghubungi unit pemadam kebakaran dan BPBD, serta bekerja sama dengan warga setempat untuk memadamkan api.

Ipda Jailani mengimbau masyarakat untuk selalu waspada terhadap potensi kebakaran dan segera melaporkan kejadian serupa kepada instansi terkait, terutama pemadam kebakaran, untuk menghindari kerugian yang lebih besar di masa depan.

Dengan gerak cepat dan kerjasama yang solid antara Polsek Meurah Dua, petugas Damkar, dan masyarakat, api berhasil dikendalikan, meski kerugian material yang ditimbulkan cukup besar. Kejadian ini menjadi pengingat pentingnya kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana kebakaran. (**)