18 Oktober 2024
Daerah

Pj Bupati Pidie Buka Acara Edukasi Kesehatan Otak Bagi Remaja Yang Digelar IDI Pidie

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Penjabat Bupati Pidie didampingi Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Pidie, dr. Arika Husnayanti Aboebakar, Sp.OG (K), dan Kadisdik Dayah Pidie, drh. Muslizar Efendi, membuka acara penyuluhan dan Edukasi Kesehatan Otak Bagi Remaja, Minggu (02/10/2022).

Acara ini menghadirkan Prof. Dr. Dr. dr. Eka J. Wahjoepramon o, Sp.BS (K). Ph.D., yang juga perwakilan UNICEF,  beserta sejumlah pakar bedah saraf,  sebagai narasumber pada penyuluhan dan Edukasi Kesehatan Otak Bagi Remaja yang diadakan oleh IDI Kabupaten Pidie.

Sejumlah pejabat Pidie turut hadir, yaitu Sekda Pidie, H.Idjsmi, S.Sos., M.Si., para Asisten, para Staf Ahli, Ketua TP PKK Pidie, Ny. Hj. Suaidah Sulaiman, Ketua DWP Ny. Hj Suhartina Idhami, pejabat RSUD TCD Sigli dan RSUD TAS Beureunuen, Sekretaris dan pejabat Kesehatan lainnya, serta Kabag Prokopim Setdakab Pidie. 

Dalam amanat dalam pembukaan pada kegiatan tersebut, Pj Bupati Pidie menyampaikan, 
bahwa atas nama Pemkab Pidie mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Pidie, yang telah menyelenggarakan acara “Penyuluhan dan Edukasi Kesehatan Otak Bagi Remaja Pidie”. 

Ini merupakan salah satu bentuk kepedulian IDI guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, khususnya di Kabupaten Pidie, dan melalui momen ini pula, IDI Kabupaten Pidie yang merupakan salah satu organisasi profesi yang ada di Kabupaten Pidie telah mulai memberi jawaban nyata terhadap Pembangunan Pemerintah Kabupaten Pidie di bidang kesehatan.

Merupakan suatu hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia, karena dengan tubuh yang sehat maka kita dapat melaksanakan segala aktifitas dengan lancar. Untuk itu, diperlukan kesadaran pada diri kita masing- masing, dengan selalu menjaga kesehatan dan menjalani pola hidup yang sehat. 

Hal tersebut perlu kita lakukan demi menjaga Kesehatan otak, karena otak merupakan organ yang memiliki peran penting dalam mengendalikan seluruh fungsi tubuh. Begitu banyak gangguan dan penyakit yang bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan otak dan memengaruhi kemampuan otak. 

Oleh karena itu, kita perlu menjaga otak agar tetap sehat dan mencegah terjadinya faktor- faktor yang menyebabkan kerusakan atau berkurangnya fungsi otak.

Upaya tersebut dapat kita lakukan dengan membiasakan sarapan yang mengandung karbohidrat tinggi, agar tubuh mendapat pasokan glukosa yang akan dialirkan ke otak sehingga otak dapat bekerja optimal.

Perlu diingat juga, agar tidak makan yang berlebihan, karena hal tersebut akan mengubah glukosa menjadi lemak jenuh yang akan membebani pembuluh darah otak, sehingga dapat melemahkan kerja otak. 

Hal lain yang bisa kita lakukan dalam menjaga kesehatan otak adalah dengan berolahraga, istirahat yang cukup, mengelola stres dan menghindari rokok serta asap rokok, karena dapat mengakibatkan sel-sel otak terbakar dan dapat menyebabkan berbagai penyakit.

Melalui kesempatan ini, saya juga berpesan kepada seluruh tenaga kesehatan untuk dapat bersama- sama membantu program Pemerintah Daerah Kabupaten Pidie dalam hal Kesehatan. 

Lakukanlah yang terbaik bagi masyarakat, berikanlah pemahaman yang mendalam agar masyarakat mengerti akan pentingnya kesehatan terkhusus bagi para remaja di Kabupaten Pidie.

Saya memiliki harapan yang besar kepada saudara-saudara para tenaga kesehatan, karena tanpa kerja keras dari saudara sekalian maka Program Pemerintah Daerah Kabupaten Pidie di bidang kesehatan tidak akan berhasil, dan semoga apa yang telah saudara lakukan selama ini dapat memberi manfaat besar bagi masyarakat Kabupaten Pidie, demikian disampaikan Pj Bupati Pidie. (AS) 

-->