28 Maret 2024
Kesehatan

Pikat Masyarakat Ikut Vaksin, Polres Pidie Gelar Vaksinasi Berhadiah Umrah

Liputangampongnews.id - Dalam rangka menyambut hari Sumpah Pemuda, Polres Pidie, menggelar Vaksinasi kepada masyarakat bertajuk Vaksin Merdeka, sebagai perdana berlangsung di Gerai Vaksin Mapolsek Delima, Pidie, Provinsi Aceh, Senin (18/10/2021).

Program Vaksinasi ini juga menyediakan hadiah Umrah untuk 3 orang peserta Vaksin dan sejumlah hadiah menarik lainnya, yang diambil dari peserta disemua Gerai Vaksin di Pidie sejak 18 Oktober sampai akhir tahun 2021, jelas Kapolres Pidie, AKBP Padli, S.H.,S.I.K.,M.H.

"Pada pelaksanaan Vaksin Merdeka, kepada peserta yang beruntung nantinya disediakan hadiah Umrah atau Vaksin Berhadiah Umrah (Vakum) untuk 3 peserta Vaksinasi diseluruh Gerai Vaksin yang ada di Pidie, selain itu juga kita sediakan hadiah-hadiah menarik lainnya yang diumumkan pada akhir tahun," ungkap Kapolres.

Tujuan disediakan hadiah Umrah serta hadiah menarik lainnya, ungkap Kapolres, agar menarik minat masyarakat untuk ikut Vaksinasi, mengingat masih rendahnya tingkat pencapaian Vaksinasi di Pidie dibanding daerah lainnya di Aceh.

"VAKUM Juga bertujuan menepis isu negatif atau berita Hoax yang selama ini beredar tentang Vaksin dikatakan haram karena mengandung bahan babi. Jadi program Vakum ini untuk menegaskan bahwa Vaksin itu Aman dan Halal. Tak perlu ragu, Vaksin sudah ada sertifikasi dari BPOM dan MUI," ujar Kapolres.

Dikatakan juga, Pidie berupaya mencapai 100 persen diakhir tahun dari target Vaksin. Untuk itu seluruh komponen masyarakat punya peran sesuai kapasitas agar bersama-sama mensukseskan Vaksinasi di Pidie. 

Demikian juga harus gencarnya sosialisasi dalam memberi pemahaman kepada masyarakat, dengan mengikut sertakan Ulama dan berbagai elemen lainnya guna mengantisipasi isu negatif ataupun Hoax,  harap Kapolres.

Sementara Dandim 0102/Pidie, Letkol Arh Sony Sonatha, S.E., M.I.P, mengapresiasikan pelaksanaan dan langkah-langkah yang dilakukan oleh Polres dalam mensukseskan Vaksinasi khususnya di Pidie.

"Salah satunya dengan pelaksanaan Vaksin Merdeka berhadiah Umrah dan berbagai hadiah lainnya, dapat meningkatkan minat masyarakat untuk ikut Vaksin," kata Dandim.

Kemudian Dandim mengatakan, peran elemen masyarakat terlebih para Ulama sangatlah berperan penting, sehingga masyarakat akan yakin dan mau untuk ikut Vaksin.

"Peran Ulama sebagai panutan umat sangatlah dibutuhkan, baik didayah maupun didalam  masyarakat luas, sehingga masyarakat yakin dan mau ikut Vaksin, dengan demikian harapan kita menuntaskan Vaksinasi diakhir tahun akan terlaksana. Peran Ulama juga bisa menepis isu-isu miring atau Hoax tentang Vaksin," tutupnya.

Demikian halnya disampaikan mewakili Dinkes Pidie, Turno Junaidi, S.K.M., M.K.M., bahwa salah satu kesuksesan pelaksanaan Vaksinasi adalah dalam mengelola pelaksanaan itu sendiri yaitu manajemen Vaksinasi dalam pengerahan sasaran.

Wilayah variabel pengerahan yang diluar wilayah kesehatan, dimana dukungan dari unsur TNI-Polri untuk pengerahan sasaran lintas sektor seperti disampaikan pak Dandim dan Kapolres, yang mana diperlukannya dukungan dari unsur Ulama, Kampus, Sekolah, maupun dunia usaha, jadi semua komponen harus dilibatkan, terang Turno.

"Setelah itu terlaksana tinggal saja komunikasi dengan tim kesehatan Pemkab, Dokkes maupun Timkes TNI, barulah bisa kita laksanakan secara maksimal," ungkap Turno.

Dinkes bersama Tim Medis lainnya serta TNI-Polri, kata Turno lagi, siap melaksanakan dan mensukseskan Vaksinasi bersama sesuai harapan, tegas Turno.

Sebagai diketahui, dalam pelaksanaan Vaksinasi Merdeka dalam rangka menyambut hari Sumpah Pemuda ke-93 2021, yang perdana berlangsung di Mapolsek Delima, diikuti lebih 500 peserta dari 44 Gampong di Kecamatan Delima serta warga wilayah lain yang melintas dan berminat ikut di Vaksin.

Pada pelaksanaan ini, kepada peserta usai suntik Vaksin diberikan paket sembako. Selain itu diikutkan dalam program Vakum dan berbagai hadiah menarik lainnya, yang diumumkan pada akhir tahun oleh Polres Pidie.

Tampak hadir pada kegiatan tersebut, mendampingi Kapolres, Dandim dan mewakili Kadinkes, yaitu Kabag Ops Polres, Kasat Reskrim, Kasat Lantas Polres. Kemudian Camat, Danramil, Kapolsek, Kapuskesmas, para Mukim serta para Keuchik Kecamatan Delima. (AS)