21 Juli 2024
Gampong

Moment Perayaan Maulid Nabi di Gampong Deah Pangwa, Mempersatukan Umat Dalam Ikatan yang Hakiki

Foto : Foto Bersama Keuchik Gampong, Tuha Peut dan Pemuda Gampong Setempat | LIPUTAN GAMPONG NEWS

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Perayaan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW di Gampong Deah Pangwa, Kecamatan Trienggadeng, Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, berlangsung meriah pada Kamis (28/9) di halaman Masjid Al Ikhlas Deah Pangwa. 

Acara ini menjadi momentum istimewa yang disambut dengan antusiasme luar biasa oleh ribuan tamu undangan yang hadir dari sebelas Gampong dari dua Kecamatan, yaitu Kecamatan Trienggadeng dan Kecamatan Meureudu.

Dalam suasana penuh kekeluargaan ribuan tamu undangan hadir untuk menyantap hidangan maulid yang sudah disediakan oleh masyarakat gampong deah pangwa. Selain menyatap hidangan ribuan tamu itu juga diperbolehkan membawa pulang nasi hidangan yang disajikan untuk dinikmati istri dan anak-anak dirumah. 

Suasana maulid berlangsung dalam suasana penuh kekeluargaan, terlihat Keuchik Gampong, Tuha Peut, Tuha lapan, Aparatur Gampong dan Pemuda Gampong setempat bahu membahu dan saling membantu dalam melayani ribuan tamu undangan yang datang silih berganti. 

Para tamu undangan juga menikmati lantunan zikir yang dilantunkan oleh Grup Zikir Hadrah Mudi Samalanga. Nanti malam dilanjutkan dengan acara dakwah maulid yang akan diisi oleh Penceramah Tgk. Puteh RK. 

Keuchik Gampong Deah Pangwa, Ishak, S.E, menyatakan, perayaan Maulid Nabi ini adalah bukti kebersamaan dan kecintaan umat Muslim di wilayah tersebut terhadap Nabi Muhammad SAW. Ia juga menekankan pentingnya memelihara semangat persaudaraan antarwarga, serta menjaga keharmonisan di masyarakat.

Keuchik Ishak mengajak masyarakat pada moment ini "Mari kita menanamkan prinsip mara'atul adh dhamir," yakni prinsip mempersatukan umat islam dalam ikatan yang hakiki, bukan pada ikatan suku, ras dan golongan tertentu. 

Selain itu, Keuchik juga mengajak seluruh elemen masyrakat Gampong untuk bersatu dalam membangun gampong yang kita cintai ini, sebutnya. (**)