25 April 2024
Daerah

Perayaan Hari Kesaktian Pancasila di Pidie Jaya, Mantan Kapolda GAM Baca Teks Pancasila

Foto : Bupati Pidie Jaya Aiyub Bin Abbas Saat Mengikuti Upacara Perayaan Hari Kesaktian Pancasila Dihalaman Kantor Bupati Setempat | LIPUTAN GAMPONG NEWS

Liputangampongnews.id - Perayaan Hari Kesaktian Pancasila 01 Oktober 2021 di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh berlangsung khidmat.

Pantauan media ini, kegiatan hari Sakti Pancasila tersebut dikuti oleh Bupati, Dandim, Kapolres, Kajari, TNI-Polri dan sejumlah Pejabat serta seluruh SKPK di Pidie Jaya.

Mantan Kapolda GAM H. Aiyub Bin Abbas, yang juga Bupati Pidie Jaya, membacakan teks Pancasila pada perayaan hari Kesaktiannya, yang diperingati di halaman depan Kantor Bupati Pidie Jaya, Komplek Perkantoran Cot Trieng.

Ikrar Kesaktian Pancasila yang ditandatangani oleh Ketua DPR-RI DR. (HC) Puan Maharani, dibacakan oleh mantan Wakil Panglima GAM Wilayah IV Japakeh, Abdul Kadir Jailaini, yang juga Ketua DPRK Pidie Jaya.

Berikut Petikan teks ikrar Kesaktian Pancasila: "Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya:
Bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia;
Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai Ideologi Negara;
Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia;
Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Jakarta, 1 Oktober 2021
Atas Nama Bangsa Indonesia
Ketua DPR RI,
Dr. (H.C.) Puan Maharani.

Demikian Laporan Kegiatan Pelaksanaan Hari Kesaktian Pancasila 01 Oktober 2021 di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh. (**)