29 Maret 2024
Opini

Pentingnya Sosialisasi Pendidikan Politik

Foto : Diva Nadia | LIPUTAN GAMPONG NEWS

Oleh : Diva Nadia

OPINI - Pendidikan politik adalah usaha atau upaya berupa bimbingan atau pembinaan secara disengaja dan sistematis dalam meningkatkan pengetahuan politik sehingga mencintai dan memiliki keterikatan yang tinggi terhadap bangsa dan negara serta menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam sistem politik agar mampu berpartisipasi dan bertanggung jawab dalam mencapai tujuan politik.

Menurut Kartaprawira (1988), pendidikan politik merupakan upaya meningkatkan pengetahuan politik rakyat dan agar mereka dapat berpartisipasi secara maksimal dalam sistem politiknya, sesuai dengan paham kedaulatan rakyat atau demokrasi bahwa rakyat harus mampu menjalankan tugas partisipasi. 

Pendidikan politik ini melatih orang atau masyarakat agar menjadi lebih dewasa dimana masyarakat akan dibentuk agar menjadi masyarakat yang baik. Karena pendidikan politik memiliki tujuan agar setiap orang/individu dapat mengetahui dan mengenali apa yang menjadi nilai-nilai penting dalam sistem perpolitikan.

Menurut Affandi (1996), maksud diselenggarakan pendidikan politik pada dasarnya adalah untuk memberikan pedoman bagi generasi muda Indonesia guna meningkatkan kesadaran kehidupan berbangsa dan bernegara sejalan dengan arah dan cita-cita bangsa Indonesia. Pendidikan politik berfungsi untuk memberikan isi dan arah serta pengertian kepada proses penghayatan nilai-nilai yang sedang berlangsung. Ini berarti bahwa pendidikan politik menekankan kepada usaha pemahaman tentang nilai-nilai yang etis normatif, yaitu dengan menanamkan nilai-nilai dan norma-norma yang merupakan landasan dan motivasi bangsa Indonssia serta dasar untuk membina dan mengembangkan diri guna ikut serta berpartisipasi dalam kehidupan pembangunan bangsa dan negara.

Menjelang 2024 dimana  penyelenggaraan pemilu yang semakin hari semakin mendekati dengan hari pemilihan. Sebagai masyarakat dan juga pemerintahan harus bekerjasama dalam hal persiapan menjelang pemilu nantinya.

Sosialisasi pendidikan politik harus benar-benar diperhatikan dan disiapkan secara matang dari sekarang. Masyarakat diharapkan untuk mampu memahami dan mengetahui tentang perpolitikan yang baik dan benar.

Sebagai masyarakat harus mampu dan mandiri dalam meningkatkan pengetahuan terutama terkait dengan politik. Semakin canggihnya teknologi dan informasi tentunya masyarakat mampu mencari dan menggali informasi tentang perpolitikan baik itu di dunia nyata maupun di media.

Adapun fungsi dari pendidikan politik itu sendiri adalah : 

1. Melatih orang muda dan orang dewasa menjadi warga Negara yang baik khususnya dalam fungsi sosial dan fungsi politik, seperti bias kerja sama: bersikap toleran, loyal terhadap bangsa dan Negara, bersikap sportif dan seterusnya demi kesejahteraan hidup bersama.

2. Membangkitkan dan mengembangkan hati nurani politik, rasa etika politik dan tanggung jawab politik, agar orang menjadi insan politik yang terpuji.

3. Berpartisipasi politik dengan jalan memberikan pertimbangan yang konstruktif mengenai masyarakat dan kejadian politik itu merupakan hak-hak demokratis yang asasi.

4. Memiliki wawasan kritis mengenai relasi-relasi politik yang ada di sekitarnya.