28 Maret 2024
Daerah

Bintang Bulan Berkibar Pada Perayaan Milad GAM di Aceh Timur

Liputangampongnews.id - 4 Desember merupakan hari bersejarah bagi Gerakan Aceh Merdeka (GAM), pelaksanaan Hari Ulang Tahun (HUT) tersebut dilaksanakan dibeberapa tempat di Aceh Timur, yaitu di  Kecamatan Madat, Darul Aman, Peureulak dan Kecamatan Serbajadi.

Bendera Bintang Bulan hiasi detik-detik acara Milad GAM  ke 45 yang digelar di halaman masjid Sultan Ahmad Desa Paya Naden Kecamatan Madat Kabupaten Aceh Timur, Minggu 4/12/2021.

Acara Milad GAM yang di laksanakan GAM Daerah II Simpang Ulim di hadiri  seribuan undangan yang di rangkai berdoa bersama, santunan anak yatim, shalawat badar, hikayat prang Sabi dan tausiah berlangsung secara lancar dan tertib.
Tampak beberapa mantan kombatan GAM, secara spontanitas  sempat kibarkan Bendera Bintang Bulan(BB) saat di lantunkan shalawat badar. 

Usman Abu Bakar Selaku Panitia Pelaksana Acara Milad mengatakan bahwa pelaksanaan acara milad GAM adalah untuk memperingati sejarah perjuangan, mengenang para syuhada.

"Untuk izin acara sudah kita ajukan kepada Polsek Madat dan Polres Aceh Timur," jelas Posmen panggilan sandi Usman Abu Bakar.

"Menyangkut dengan pengibaran bendera BB itu diluar dugaan, spontanitas, rekan -rekan mungkin terbangkitnya semangat dalam mengenang masa-masa berjuang dahulu sebelum Aceh Damai, karena sejak awal panitia sudah melarangnya, namun karena ini sudah terjadi, maka ini merupakan tanggung jawab kita bersama," tutur Posmen.

Tidak hanya di Paya Naden, Bendera Bintang Bulan juga berkibar di Peureulak. (Muksal)