21 Juli 2024
Gampong

Penghapusan Miskin Ekstrem, Gampong Ruyung Salurkan BLT-DD, Pertama di Kecamatan Mesjid Raya

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Pemerintah Gampong Ruyung, Kecamatan Mesjid Raya pada hari Rabu tanggal 15 Maret 2023 melakukan penyaluran BLT DD untuk pencegahan miskin ekstrem kepada 23 warga yang memenuhi kriteria penerima BLT DD penurunan miskin ekstrem. 

Kegiatan penyaluran BLT dilakukan pemerintah gampong dengan cara mendatangi langsung ke rumah - rumah warga penerima bantuan. 

Penyaluran dor to dor dilakukan karena sebagian besar penerima BLT adalah warga miskin sudah uzur dan memiliki penyakit kronis menahun dan penerima BLT tidak boleh menerima bantuan lain dari yang sumber dari pemerintah. 

Keuchik Gampong Ruyung Azhari mengatakan, kegiatan penyaluran BLT merupakan salah satu kegiatan prioritas Gampong tahun anggaran 2023 yang sudah ditetapakan dalam APBG sesuai kewenangan gampong untuk mendukung tercapainya SDGs. 

Untuk diketahui, pada awal tahun 2023 gampong sudah melakukan musyawarah desa khusus untuk menetapkan calon penerima BLT dan sudah disahkan melalui peraturan Keuchik penerima BLT. Dalam dokumen APBG tahun 2023 sudah dianggarkan sebesar 12% dari Pagu dana desa untuk kegiatan tersebut. 

Diharapakan dengan adanya bantuan BLT untuk penanggulangan miskin ekstrem penerima BLT bisa memenuhi kebutuhan keluarga dan ini sebagai salah kegiatan satu jaring pengaman sosial menuju masyarakat sejahtera dan desa mandiri.

Menurut keterangan Camat Mesjid Raya, Munazar SE, saat ini di wilayahnya sudah dua (2 ) gampong yang sudah ditransfer dana desa tahun 2023. Sementara 3 gampong dokumen pengajuan sudah di KPPN menunggu dana ditransfer masuk ke rekening gampong, 3 sedang divalidasi DPMG Aceh Besar. Sisanya 5 gampong sedang finalisasi penyusunan APBG ditingkat gampong. 

Diharapakan akhir bulan Maret semua gampong dikecamatan Mesjid Raya sudah masuk dana desa dan sudah ditransfer ke rekening gampong. Sehingga kegiatan-kegiatan prioritas baik yang sifat nasional, daerah maupun hasil musrenbang gampong bisa segera dilaksanakan oleh pemerintah gampong sesuai peraturan yang berlaku.

Pada akhir tahun 2022 semua gampong di kecamatan mesjid raya sudah melakukan musrenbang RKPG untuk rencana kegiatan tahun 2023 dan semua gampong sudah di sosialisasikan kegiatan prioritas tahun anggaran 2023 untuk percepatan tercapai tujuan SDGs tahun 2030.

Adapun kegiatan SDGs tersebut meliputi kegiatan pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan gampong dengan pendirian, pengembangan BUMG, BUMdesma dan desa wisata, katanya. 

Selain itu juga ada kegiatan ketahanan pangan minimal 20 % persen dari dana desa, pencegahan dan penurunan stunting, peningkatan SDM warga, perluasan akses kesehatan, dana OP pemerintahan desa, BLT penghapusan miskin ektrem dan dana mitigasi bencana, sebut Camat Mesjid Raya. 

Dengan adanya sosialisasi yang dilakukan diakhir tahun 2022 diharapakan gampong bisa mempercepat penyelesaian APBG karena kegiatan prioritas sudah disepakati saat pelaksanaan musrenbang. 

Diharapakan dengan terlaksana penyaluran BLT DD penurunan miskin eksterm di Gampong Ruyung dana desa bisa lebih tepat pemanfaatannya  untuk kesejahteraan warga.

Program yang dilaksanakan berdasarkan kebutuhan warga sehingga gampong bisa mandiri dengan ditopang sumberdaya desa yang mumpuni dan sumberdaya alam yang bisa mensejahterakan warga.

Terakhir, Camat Mesjid menghimbau kepada Gampong lain untuk segera merealisakan kegiatan yang sudah disepakati dalam dokumen perencanaan APBG gampong. (M)