17 April 2024
Opini

Pemuda dan Pembangunan Desa

Penulis : Indra Saputra (Ketua Umum HMI Komisariat Pertanian Unimal)

OPINI - Pemuda merupakan generasi yang sangat berpengaruh untuk proses pembangunan bangsa. Pemuda selalu menjadi harapan dalam setiap kemajuan didalam suatu bangsa yang dapat merubah pandangan orang dan menjadi tumpuan para generasi terdahulu untuk mengembangkan ide – ide ataupun gagasan-gagasan yang berlandaskan keilmuan dan wawasan yang sangat luas, serta berdasarkan kepada nilai-nilai dan norma yang berlaku di dalam masyarakat khusunya dalam pembangunan desa.

Namun jika kita lihat banyak pemuda Sekarang Terutama dari kalangan mahasiswa yang enggan dalam membangun desanya,stigma tentang desa yang dianggap kuno dan terbelakang membuat pemuda khususnya mahasiswa lebih memilih ke kota.

Padahal jika kita liat lebih jauh peranan pemuda di desa sangat besar,baik dalam mengawal pembangunan Infrastruktur di desa agar transparan dan baik dalam pengelolaan nya.Karna jika kita lihat Tingkat korupsi di level desa meningkat seiring naiknya anggaran dana desa. Kepala desa tergiur mengelola dana besar. Tidak heran, banyak pejabat di tingkat desa berurusan dengan hukum lantaran kasus penyalahgunaan bantuan dana desa.

Melihat data dari Indonesia Corruption Watch (ICW) pada 2020, setidaknya ada 444 kasus korupsi yang berhasil dibongkar aparat penegak hukum. Dengan tersangka sebanyak 875 orang. Kerugian negara Rp18,6 triliun, suap Rp86,5 miliar dan pungutan liar Rp5,2 miliar.

Jika saja pemuda khususnya mahasiswa memberikan perhatian khusus mengenai pengelolaan anggaran dana desa dalam pembangunan infrastruktur dengan cara melakukan pengawalan tentu saja penyalahgunaan anggaran dana desa dapat dicegah, karna sering kali hal tersebut di salah gunakan oleh beberapa aparat desa.

Selain melakukan pengawalan terhadap pengelolaan anggaran dalam pembangunan infrastruktur,pemuda juga memiliki peran besar dalam memajukan Potensi yang dimiliki desa terutama di bidang pertanian.Pengembangan Kelompok Tani adalah satu contoh langkah efektif dalam pengembangan potensi desa,sebagai Pemuda apalagi kalangan mahasiswa sangat berperan besar dalam hal ini,dengan melakukan inovasi di bidang pertanian terutama dalam pengembangan kelompok tani diharapkan kemampuan petani di desa akan semakin meningkat sehingga menunjang ekonomi dan ketahanan pangan di desa.

Banyak lagi hal yang perlu diperhatikan pemuda dalam pembangunan desa, seperti pencegahan penyalahgunaan narkoba, mengatasi permasalahan stunting, meningkatkan Kualitas pendidikan di desa,mengurangi pengangguran, permasalahan pergaulan bebas yang menyebabkan banyaknya kasuk nikah dibawah umur,mengadvokasi perusakan lingkungan di desa dari koorporasi,pengembangan potensi UMKM serta potensi wisata di desa dan masih banyak hal lagi.

Harapan saya pemuda harus membangun kesadaran nya bahwa nya peran nya sangat besar dalam pembangunan desa.Karna desa hanya akan maju dan berkembang ketika pemuda-pemudi terbaik nya memilih tinggal dan berada di desa untuk memajukan desanya.karna sudah saatnya kita pemuda membangun desa.berkontribusi membangun peradaban masyarakat desa kearah yang lebih baik.