18 Oktober 2024
Daerah

Panwaslihcam se-Kabupaten Pidie Dilantik

LIPUTANGAMPONGNEWS.IDKetua Panwaslih Pidie, Ismalianto, S.Pd., melantik dan mengambil sumpah 69 anggota Panwaslih Kecamatan (Panwaslihcam) terpilih se-Kabupaten Pidie, serta penandatangan fakta integritas secara simbolis mewakili Panwaslihcam lainnya, Rabu (14/08/2024) bertempat di Hotel Anugerah Sigli, dan mendapatkan pengamanan dari pihak kepolisian.

Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah Panwaslihcam ini disaksikan oleh Komisioner Panwaslih Aceh, Fuadi Yusuf, S.Pd.I., M.Pd., para Komisioner Panwaslih Pidie, Sekretaris Panwaslih Pidie, dan rohaniawan dari Kantor Kemenag Pidie. 

69 anggota Panwaslihcam se-Kabupaten Pidie yang dilantik dan diambila sumpah tersebut merupakan hasil pengumuman terpilih pada 12 Agustus 2024, dari ratusan calon peserta yang mendaftar pada 27 Juli 2024 lalu. 

Hadir juga pada pelantikan dan pengambilan sumpah ini, yaitu Plt Ass I, Jufrizal, S.Sos., M.Si., yang mewakili Pj Bupati, Waka Polres, Kompol Misyanto, S.E., M.Si., yang mewakili Kapolres, serta juga unsur Forkopimda Pidie lainnya. Dari Badan Kesbangpol, Satpol PP, termasuk para Komisioner KIP Pidie.

Usai pelantikan dan pengambilan sumpah, Ketua Panwaslih Pidie, Ismalianto didampingi oleh Kadiv SDM, Muhammad Ichsan, kepada sejumlah awak media menyampaikan, agar Panwascam yang sudah dilantik untuk melakukan koordinasi dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Forkopincam wilayah masing-masing.

"Dalam pengarahan kita sudah sampaikan agar Panwaslihcam segera bekerja, dengan berkoordinasi dengan PPK dan Forkopincam setempat. Apa saja tahapan Pilkada 2024 pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur dan Bupati/Wakil Bupati yang sudah dan belum dilaksanakan", jelas Ismalianto.

Ketua Panwaslih Pidie juga mengakui keterlambatan pembentukan Panwas, baik tingkat kabupaten sampai gampong. Namun Ia optimis Panwas bisa bekerja optimal.

"Walau ada dua tahapan Pilkada terlewatkan, tahap pemenuhan syarat Bacalon Bupati dan Wakil Bupati jalur perorangan dan Coklit data pemilih. Kita akan berkoordinasi dengan KIP dan instansi terkait lainnya. Dengan integritas tinggi dalam bekerja, itu semua bisa terkejar. Terlambat bukan berarti gagal", ujar Ismalianto.

Tentang tanggapan negatif terhadap anggota Panwaslihcam terpilih, dan Jadwal pembentukan Pengawas Pemilu Lapangan (PPL)"Sampai pelantikan tidak ada tanggapan negatif yang diterima Panwaslih Pidie. Untuk pembentukan PPL di setiap gampong, kita masih menunggu Juknis dari Panwaslih Aceh", pungkas Ketua Panwaslih Pidie, Ismalianto.(As)

-->