29 Maret 2024
Daerah

Muslahuddin Daud Berikan Materi Tentang Prospek Bisnis Dunia Pertanian

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Dalam rangka pembekalan dan pelatihan keterampilan bagi personel yang akan memasuki usia pensiun, Polisi Daerah (POLDA) Aceh menyelenggarakan Latihan Keterampilan (LATRAM) bagi 120 personel lingkup POLDA Aceh. 

Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari (20 -22 September 2022) ini dibuka oleh Kepala Biro SDM POLDA Aceh, Kombes Pol. Fajar Budianto, S.I.K di Gedung Presisi POLDA Aceh pada Selasa, 20 September 2022. 

Selama kegiatan berlangsung peserta sangat antusias mengikuti latihan yang disampaikan oleh beberapa Narasumber.

Muslahuddin Daud, (Bang Mus) yang bertindak sebagai narasumber utama memberikan materi tentang prospek bisnis dunia pertanian. Ia menjelaskan prospek bahwa meski para peserta sudah memasuki masa pensiun, namun pilihan-pilihan yang dapat dilakukan sesuai usia sangat banyak. Mulai konsep agroforestry, dgn kombinasi hutan dan perkebunan, tanaman pangan dan hortikultur.

Lebih rinci Bang Mus menjelaskan pertanian dapat dilakukan dgn biaya murah, 500 ribu per ha, dengan tanaman kemiri hingga 2 milyar untuk tanaman vanili. 

Selain itu ada narasumber lainnya sebagai testimoni atas keberhasilan usahanya dibifang budidaya kakao, AKP Khairul, SH , beliau adalah alumni LATRAM 2021 yang juga dibawah bimbingan Muslahuddin Daud, berhasil mendapatkan pendapatan jutaan per minggu.
 
Untuk materi peternakan peserta melakukan kunjungan ke salah satu usaha penggemukan sapi dan kambing di Gampong Lam Isek Peukan Bada Aceh Besar. 

Sebagai anak muda kreatif dan inovatif, Mahfud, yang juga personel POLDA Aceh telah memulai usahanya sejak 8 tahun yang lalu dengan awal 2 ekor sapi . Berkat kerja kerasnya dengan prinsip management Anak Tangga, Mahfud telah memiliki  200 sapi dan 500 ratusan ekor kambing dan biri biri  yang dikelola oleh 8 orang pekerja. 

Di lokasi yang sama, Bang Mus mendemonstrasikan teknik budidaya cabe, alpukat dan jeruk. Antusiasme peserta sangat terasa, meski pelatihan diterik matahari, mereka sangat serius mengikuti setiap langkah dan menanyakan sejumlah pertanyaan dengan mendetil. 

LATRAM ditutup oleh AKBP. Eko Purwanto, S.Ag, MH sebagai Ketua Panitia yang bertindak mewakili Karo SDM POLDA Aceh. Beliau berharap agar peserta  memperoleh output latihan sesuai dengan tujuan dan harapan. Tiga tahun berturut-turut LATRAM telah diselenggarakan oleh Polda Aceh dengan harapan bahwa pensiunan personel Polda tidak pernah lagi merasa pensiun dengan memiliki usaha. (**)