20 September 2024
Daerah

150 Nelayan Pidie Jaya Ikuti Diklat Pemberdayaan Masyarakat Nelayan Kapal Layar Motor

Foto : Azhariadi, S.Pt, MM, Direktur LKP ARFIA | LIPUTAN GAMPONG NEWS

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya dalam hal ini Wakil Bupati Pidie Jaya di wakili oleh Asisten 2 menghadiri kegiatan pembukaan Diklat Pemberdayaan Masyarakat Nelayan Kapal Layar Motor yang dilaksanakan oleh Lembaga Kursus dan Pelatihan ARFIA bersama Politeknik Pelayaran Malahayati Aceh serta turut hadir  Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Malahayati bertempat di Aula Kantor Bupati Pidie Jaya. Diklat ini dilaksanakan selama 4 hari mulai tanggal 08 s/d 11 Agustus 2022 di Kabupaten Pidie Jaya.

Diklat Pemberdayaan Masyarakat Nelayan Kapal Layar Motor ini dilaksanakan secara gratis atau tanpa dipungut biaya apapun dari peserta, yang diikuti oleh 150 Nelayan. Hal ini bertujuan untuk mengembangkan wawasan peserta terlebih dalam bidang Basic Safety Training (BST). 

BST adalah Pelatihan dasar–dasar keselamatan untuk antisipasi akan adanya hal bahaya diatas kapal, untuk mewujudkan tenaga kerja profesional dibidang pelayaran.

Direktur LKP ARFIA Azharyadi, S. Pi, MM mengatakan bahwasanya dalam Perjanjian internasional mengenai Konvensi Internasional Standards of Training, Certification and Watchkeeping (STCW), mensyaratkan bahwa setiap pelaut dan Nelayan harus menjalani “program pengenalan” dan “pelatihan dasar keselamatan” yang meliputi pengetahuan dasar menghadapi kebakaran, pertolongan pertama tingkat dasar, teknik mempertahankan hidup dan keselamatan pribadi,  serta tanggung jawab sosial.

Pelatihan ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa Nelayan dan pelaut menyadari dan memahami akan bahaya  bekerja di laut (kapal) dan dapat merespons dengan tepat dalam keadaan darurat. 

Muhammad Aziz, MM, M. Mar. E Selalu Instruktur dan Tenaga Pengajar dari Poltekpel Malahayati mengatakan Seluruh peserta akan Memperoleh Sertifikat BST KLM dan Surat Keterangan Kecakapan (SKK) sebagai bekal para peserta dalam rangka pemberdayaan masyarakat nelayan kapal layar motor dan Sertifikat BST ini sangat penting untuk dunia kerja, apalagi jika ingin kerja di kapal niaga harus mempunyai sertifikat dasar seperti BST. pungkas Muhammad Azis, M. M, M. Mar. E dengan tegas.

Bahrum Bakti selaku Asisten 2 yang membuka secara resmi diklat ini dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya sangat mengapresiasi dan mendukung terlaksananya Sosialisasi/Diklat ini untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan kelautan bagi para peserta, beliau berpesan kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti diklat ini dengan sebaik-baiknya sehingga dapat memberi hasil dan pengaruh posisif bagi masyarakat Nelayan Kabupaten Pidie Jaya dimanapun berada. (**)