29 Maret 2024
News

Muara Dangkal, Nelayan Kuala Kiran Mengeluh

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID -  Nelayan TPI Kuala Kiran Kecamatan Jangka Buya kabupaten Pidie Jaya Provinsi Aceh, mengeluhkan dangkalnya mulut Kuala (Muara) di kawasan mereka karena menyulitkan bagi perahu untuk merapat saat pulang melaut. Rabu (6/4/2022).

Panglima Laot (hukum adat laut) TPI Kuala Kiran Razali melalui sekretaris Edi menyebutkan kondisi ini sudah terjadi sudah bertahun - tahun.

“Akibat dangkalnya Kuala itu menjadi hambatan atau kendala bagi para nelayan, karena harus menunggu air pasang terlebih dahulu untuk pergi atau pulang dari melaut.”kata Edy, didampingi muklis nelayan setempat, 

Sementara itu, terkait permasalahan dimaksud, kata Edi, pihaknya sudah beberapa kali dan banyaknya sudah ditayang di media untuk dinormalisasikan, akan tetapi belum ada tanggapan.

“Para nelayan di TPI Kuala Kiran, mereka hanya mengharapkan kepada pemerintah untuk lebih peduli dengan keluhan para nelayan, karena disini kami tempat mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan keluarga, “pintanya.

Sementara ditempat terpisah wartawan menghubungi camat Jangka Buya Nasruddin SE mengatakan, bahwa dengan kondisi Kuala Kiran dangkal ini sudah berlangsung sangat lama, sehingga pernah turunnya wakil ketua DPRK Pidie jaya yang merupakan juga putra setempat bersama dinas kelautan dan perikan Pidie Jaya untuk meninjau langsung kondisi kualanya.

"Ia mengikutinya, Kuala itu sudah sangat dangkal sekali, tahun yang lalu ada di survey oleh pak Syahrul Nurfa wakil DPRK, tapi saya lihat sampai saat ini tak adanya realisasi apapun," jelas Nasruddin.

Kita lihat hal seperti ini di bulan ramadhan sangat kasian para nelayan di Kuala Kiran dengan kondisi mereka berpuasa, namun harus turun lagi mendorong perahu mereka sekaligus bawa pulang hasil tangkapan dilaut.

Menurutnya selama ini pihak nya sudah sering sekali mengusulkan ke pihak pemerintah setempat dan DPRK agar di peduli dengan kondisi Kuala Kiran yang sudah sangat dangkal dan perlu realisasi perbaikan segera dengan kelancaran nelayan mencari rezeki

Camat berharap kepada pihak terkait dan pemerintah maupun pemerintah pusat agar memperbaiki kembali Kuala Kiran yang sudah dangkal itu, sebab selama ini sangat sulit untuk nelayan melaut di Kuala Kiran melaut mencari rezeki untuk keluarga mereka, Pungkasnya.