21 Mei 2024
News

Menkes RI Beri Penghargaan Kepada Pj Bupati Pidie, Dinilai Sukses Laksanakan Sub PIN Polio

LIPUTANGAMPONGNRWS.ID - Setelah ditemukan kasus Polio terhadap anak umur 7 tahun di Kecamatan mane pada November 2022 silam, berbagai upaya pencegahan dilakukan Pemkab Pidie. Pendataan, Sosialisasi dan Imunisasi pun digencarkan.

Atas Instruksi Pj Bupati Pidie, Ir H. Wahyudi Adisiswanto, M.Si., sejak 28 November 2022, semua anak umur 0-13 tahun di Pidie, harus menerima Imunisasi Polio. Dan hampir seluruh anak atau lebih 90 ribu (95%) anak di Pidie sudah menerima Imunisasi Polio yang dilaksanakan oleh Tim Gerak Cepat (TGC) penanganan Polio Dinkes Pidie.

Alhasil, pada Minggu (07/05/2023), Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh, ditetapkan sebagai Kabupaten terbaik I katagori pelaksanaan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio, bertepatan dengan acara puncak peringatan Pekan Imunisasi Dunia tahun 2023. 

"Penghargaan diserahkan langsung oleh Menkes, bapak Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC.,CLU., dan diterima oleh Pj Bupati Pidie, bapak Ir H. Wahyudi Adisiswanto, M.Si.", jelas Kabag Prokopim Setdakab Pidie, Teuku Iqbal, S.STP., M.Si., yang ikut mendampingi Pj Bupati Pidie, bersama Kadinkes Pidie, dr. Arika Husnayanti, SpOG., dan Plt Kabag Umum, Drs. Akmal.

Kegiatan yang berlangsung di Lantai 2 Auditorium Siwabessy, Gedung Sujudi, Kemenkes RI, Jakarta, turut dihadiri pejabat Kemenkes RI, WHO, Unicef, kepala daerah dan instansi terkait lainnya.

"Selain pemberian penghargaan kepada daerah berprestasi dalam pelaksanaan Imunisasi Polio, pada kegiatan yang dihadiri perwakilan WHO dan Unicef ini juga  menyelenggarakan peluncuran logo baru PIN dan pemberian penghargaan kepada pemenang lomba inovasi pelaksanaan PIN se-Indonesia, baik perorangan maupun kelompok", demikian Kabag Prokopim Setdakab Pidie, Teuku Iqbal. (AS)