19 September 2024
Daerah

Masyarakat Pante Alue Buya Pasie Kewalahan Menampung 114 Pengungsi Rohingya

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID- Masyarakat Gampong Pante Alue Buya Pasie, Kecamatan Jangka,  Kabupaten Bireuen merasa kewalahan menampung 114 pengungsi Rohingya ditempat penampungan sementara, Rabu, (09/03/2022).

Geuchik Gampong Pante Alue Buya Pasie Muslim Abdul Majid mengatakan, masyarakat disini  sangat prihatin dan peduli kepada para pengungsi Rohingya, ini semata-mata dilakukan atas dasar kemanusiaan, namun sekarang kami sudah kewalahan karena tempat penampungannya tidak ada. Sementara ini mereka menempati tempat ibadah, sedangkan tempat tersebut juga digunakan sebagai tempat pengajian rutin warga setempat , kata Muslim.

Dia berharap Pemkab Bireuen dan Pemerintah Aceh agar segera memindahkan pengungsi Rohingya memindahkan ketempat yang layak bagi mereka, minimal ada tempat penampungan untuk mereka, tuturnya.

Bupati Bireuen Dr.H .Muzakkar Agani M.Si mengatakan, tempat penampungan sementara mereka, sangat tidak layak apalagi dengan keluhan warga dan perangkat desa setempat , Bupati berjanji akan menyurati Gubernur Aceh dan Pemerintah Pusat terkait keberadaan pengungsi Rohingya di Kabupaten Bireuen.

Sementara, Kapolres Bireuen AKBP Mike Hardy Wirapraja SIK, MH mengatakan, pihaknya sudah menurunkan tim gabungan dari TNI dan Polri sejumlah 33 personil untuk keamanan dilokasi pengungsian dengan sistem piket bergiliran untuk menjaga keamanan Gampong setempat . 

Ketua DPRK Kabupaten Bireuen Rusyidi Mukhtar S.Sos mengatakan, bukannya warga tidak mau membantu saudara kita yang lagi kesusahan, bahkan wajib kita membantu sesama manusia, tapi di karenakan kondisi dan tempat yang tidak layak, katanya.

Seharusnya Pemerintah Pusat dan Pemerintah Aceh menfasilitasi pengungsi Rohingya. Ini kesannya Pemerintah Aceh diam saja tanpa ada yang bersuara terkait keberadaan pengungsi Rohingya.

Dia berharap Pemerintah Aceh serius menangani permasalahan pengungsi Rohingya di Kabupaten Bireuen. Masalahnya di Kabupaten Bireuen tidak ada tempat penampungan pengungsi. Tempat penampungan pengungsi hanya ada di Aceh Utara, Medan dan Riau, pungkasnya. (Adi Saleum)