28 Februari 2024
Daerah

Launching Inovasi Dan Peresmian Drive Thru MS Sigli, Ketua MS Aceh Didampingi Pj Bupati Pidie

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Penjabat Bupati Pidie, Ir Wahyudi Adisiswanto, M.Si., mendampingi Ketua Mahkamah Syar'iyah (MS) Aceh, Drs H. Zulkifli Yus, M.H., melaksanakan Launching Inovasi dan peresmian Drive Thru MS Kelas IB Sigli, di aula MS setempat, Kamis, (08/09/2022) sore.

Dalam sambutannya Pj Bupati Pidie menaruh harapan kepada seluruh jajaran di Mahkamah Syar'iyah Kelas IB Sigli agar senantiasa menjalin kerjasama dan sinergitas serta menjaga komunikasi yang baik dengan seluruh institusi di Pidie.

Wahyudi Adisiswanto juga mengucapkan selamat atas Launching Inovasi Layanan dan Peresmian Drive Thru Mahkamah Syar'iyah Sigli.

"Semoga dengan kehadiran inovasi- inovasi terbaru ini dapat memberikan manfaat serta kemudahan baik dalam hal pengurusan administrasi maupun untuk mendapatkan infomasi-infomasi", ucapnya.

Sebelumnya pada kesempatan yang sama, Ketua MS Aceh menegaskan, agar memperhatikan hak-hak masyarakat yang selama ini tidak menemukan keadilan, khususnya kaum perempuan, akibat perceraian. Juga para penyandang difabel. Ia juga mengatakan, terus mengawasi program tersebut agar terlaksana dengan baik.

Halnya disampaikan Ketua MS Sigli, Hj. Fauziati, S.Ag., M.Ag, bahwa ada 12 layanan terbaru di Mahkamah Syariah Kelas IB Sigli, diantaranya SILABEL (siap layani antar jemput difabel), SILABUS (Siap layani antar jemput ibu hamil dan lansia), SILACAP (Siap layani antar akta cerai via pos). 

Kemudian SIPAS ( Sistem Pelayanan Antrian sidang), LARISAN (layanan pemerikasaan kesehatan bagi permohonan dispensasi), LASEPAN (Layanan konseling bagi perempuan dan anak yang berhadapan dengan hukum), LANTAS (layanan disabilitas).

Selanjutnya PTSP Online (pelayanan terpadu satu pintu berbasis online), PTSP Mobile (pelayanan terpadu satu pintu berbasis mobile keliling), SICAPLANG (sistem cepat ambil produk langsung pulang/drive thru), SIKAT (Sistim Informasi Kepaniteraan Jinayat), dan  SIPATU (Sistim Informasi Pelayanan Terpadu).

"12 layanan ini, dikelola oleh sebuah Tim yang diketuai oleh bapak Dedy Afrizal, S.H.I., M.H., merupakan bentuk komitmen MS Sigli berupaya mencapai Zona Integritas (ZI) untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dan kerja sama yang telah diterapkan selama ini di Mahkamah Syariah Sigli, agar terus terjaga", sebut Hj Fauziati.

Turut juga menghadiri dan menyaksikan Launching Inovasi dan Peresmian Drive THRU MS Sigli, yaitu Dandim O102 Pidie, Letkol, Inf. Abd Jamal Husin, S.E., Kajari Pidie Gembong Priyanto, S.H., M.Hum., Ketua PN Sigli, Eliyurita,S.H., M.H., 

Selanjutnya, mewakili Kapolres Pidie, yaitu Kasat Reskrim, Iptu. Muhammad Rizal, S.E., S.H., M.H., Kepala BPN Pidie, Zulkhaidir, S.E., M.M., dan Business Manager BSI KC Sigli, Asep Supardi.

Pada kegiatan Launching Inovasi Dan Drive THRU di Mahkamah Syar'iyah Sigli, Pj Bupati Pidie didampingi oleh Asisten III, Drs. Sayuti, M.M., bersama Kabag Prokopim Setdakab Pidie, Teuku Iqbal., S.STP., M.Si. (AS)